Indonesia berjaya di age group start ASTC

id ASTC, Asian Triathlon Championship, Indonesia, lomba lari, olaraga campuran, renang, lomba sepeda, lintasan renang

Indonesia berjaya di age group start ASTC

Sejumlah atlet Triathlon mengayuh sepedanya pada kejuaraan 25th Asian Triathlon Championship di Jakabaring Sport City Palembang, Sabtu (22/7).Atlet Jepang mendominasi peringkat teratas baik di nomer putri dan putra pada kompetisi tersebut. (Antarasu

Palembang (Antarasumsel.com) - Indonesia berjaya di kategori age group start pada rangkaian kejuaraan Asian Triathlon Championship (ASTC) 2017 di Palembang, Minggu, setelah mengantarkan delapan atlet ke podium juara.

Tim tuan rumah Indonesia total mengemas 3 medali emas, 2 medali perak dan 3 medali perunggu dari total 221 peserta wakil 19 negara.

Lintasan yang dijalankan oleh peserta nomor age group start ini sama dengan pertandingan resmi. Atlet mulai bersaing dimulai dari renang, bersepeda dan lari.

Hanya saja jaraknya dipersingkat atau mirip dengan kelas junior yaitu lintasan renang menempuh jarak 750 meter, sepeda 20 kilometer (3 lap) dan lari 5 kilometer

Pada kelas Age 16+ sprint female, Indonesia menempatkan ketiga atletnya di podium juara yakni Vabra Dinda keluar sebagai juara dengan catatan waktu 01.26.23 menit disusul rekannya Sabila Salsabila dengan catatan waktu +00.10.49 dan di urutan ketiga Luthfillah dengan catatan waktu +00.12.18.

Sedangkan kelas age 16+ sprint male, pelari asal Bahrain yaitu Omar Abdullah menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 01.06.25 menit, di tempat kedua peserta asal Syria Ahmad Mardenli dan urutan ketiga Zakaria asal Syria.

Untuk kelas age 18-29 Indonesia kembali berjaya, Seta Idiapratam menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 01.09.09 menit disusul atlet asal Macau yaitu Wu Chi dan tempat ketiga diraih Indonesia dengan menempatkan Kevin Ariyanto di podium.

Kelas age 30-39 sprint male, Indonesia mengantarkan atletnya Taufik diurutan pertama dengan catatan waktu 01.09.21 menit, di urutan kedua juga dari Indonesia yaitu Ady Ahkmad dan urutan ketiga Ku Lap Chon asal Macau.

Kemudian kelas age 40+ sprint male, atlet Hongkong yaitu Oliver Courret menjadi yang tercepat dengan waktu 01.11.10 menit disusul tempat kedua Tom Hardcastle dari Hongkong, Indonesia hanya berada di urutan kedua atas nama Anton.

Panitia lomba age group start, Ripto Susilo menerangkan, kategori ini merupakan pertandingan dengan kelompok umur bebas dan terbuka. Peserta yang ikut merupakan negara yang mengikuti Asian Triathlon Championship di Palembang.

"Setiap ada kejuaraan triathlon di dunia, kategori ini pasti diadakan setelah kategori resmi dipertandingkan selesai. Ini juga sebagai rangka sosialisasi atau promosi cabang olahraga triathlon," ujar dia.

Ripto yang juga Kabid Binpres Triathlon Pengprov Jateng ini mengatakan, pada kategori age group start ini juga kesempatan atlet untuk menambah jam terbang.

"Para pemenang bisa masuk dalam timnas masing-masing negara untuk ikut pada kejuaraan ke depannya," kata dia.