Bapenda Sumsel-BP Batam kerja sama pengelolaan data

id bapenda, bapenda kerja sama bp batam

Bapenda Sumsel-BP Batam kerja sama pengelolaan data

Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan dengan BP Batam mengadakan kerja sama bidang pengolahan data dan sistem informasi sebagai pusat pemulihan data. (Antarasumsel.com/Bapenda/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan dengan BP Batam mengadakan kerja sama bidang pengolahan data dan sistem informasi sebagai pusat pemulihan data.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Kolonel Laut, Yuda Gunadi dengan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel, Marwan Fansuri di kantor IT Center BP Batam, Kamis.

Menurut Marwan, tujuan kerja sama itu adalah sebagai landasaan para pihak dalam memanfaatkan layanan pusat data milik BP Batam sebagai pusat pemulihan data, serta mensinergikan fungsi dan peranan kedua belah pihak.

Sementara, kerja sama akan dilaksanakan berlandaskan prinsip keterbukaan informasi publik, transparasi, dan anti korupsi sesuai ketentuan berlaku, katanya.

Kerja sama tersebut juga ada kaitannya dengan pengamanan data server Bapenda khususnya data rahasia pemilik kenderaan bermotor baik roda dua dan roda 4 dan data non Samsat dapat dijamin kerahasian objek pajak dan subjek pajak dan data keuangan pajak Bapenda.

Sementara, Kol Laut Yuda Gunadi mengatakan sangat berterima kasih kepada Pemprov Sumsel dipercaya mengelola dan membekup data Samsat di BP Batam, serta dapat menjaga sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dengan tarif BP Batam lebih murah dari pihak swasta, karena milik negara.

"Kami menjamin 99.99 persen network up dan system up Bapenda Sumsel yang kami jaga di Pusat Teknologi Informasi BP Batam dan beberapa Kementerian juga telah bekerja sama dengan kita," katanya.

Hadir dalam penandatanganan kerja sama itu antara lain Kepala Pusat Pengelolaan Informasi dan Aplikasi Pendapatan Bapenda Sumsel, Shofyan Aripanca, Kepala UPT Bapenda Palembang II Sumsel, Herryandi Sinulingga, serta sejumlah pejabat struktural BP Batam.