Jemaah calon haji Kabupaten OKU dibagi dua kloter

id cjh, jemaah haji, kloter, cjh oku

Jemaah calon haji Kabupaten OKU dibagi dua kloter

Ilustrasi - Para calon haji kloter pertama embarkasi Palembang (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Baturaja, 19/7 (Antara) - Jamaah Calon Haji Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan tahun ini dipastikan berangkat ke Tanah Suci Mekkah dibagi menjadi dua kelompok terbang, kata Kepala Kantor Kementerian Agama setempat, Ishak Putih didampingi Kasi Haji dan Umroh, Mahmud.

Kementerian Agama Sumatera Selatan mengambil kebijakan untuk membagi dua kelompok terbang (kloter) jamaah calon haji (JCH) Ogan Komering Ulu (OKU) akibat jumlahnya sudah melebihi kapasitas satu pesawat, kata Ishak Pitih di Baturaja, Rabu.

Pada  2017 OKU akan memberangkatkan 471 orang jamaah termasuk empat orang Tim Pembimbing  Haji Daerah (TPHD), 161 orang  JCH rencananya akan diberangkatkan dari Baturaja pada Sabtu (19/8) pukul 21.30 WIB.  

"Mereka ini masuk dalam Kloter 16 PLM gelombang II. Sedangkan 310 JCH lainnya tergabung dalam Kloter 18 PLM gelombang II  diberangkatkan dari Baturaja Senin (21/8) pukul 21.30 WIB dan yang terakhir seluruhnya tergabung dalam kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH)," katanya.

Sementara data Kemenag OKU,  dari jumlah porsi haji yang mereka terima hanya dua orang gagal berangkat, dengan rincian satu orang dilaporkan keluarganya sudah meninggal dunia dan satu lagi menunda keberangkatan.

"Alhamdulillah semua tahapan yang harus dilakukan oleh JCH hampir seluruhnya selesai mulai dari tes kesehatan hingga manasik, bahkan tas koper JCH juga sudah dibagi. Sekarang ini kewajiban JCH tinggal  menjaga kesehatan hingga hari keberangkatan," katanya.

Ia menambahkan, untuk mengatur  teknis keberangkatan KCH OKU, Kemenag masih harus koordanasi dengan bupati.