Tim Tenis Indonesia persembahkan satu emas ASG

id tenis, tim tenis indonesia

Tim Tenis Indonesia persembahkan satu emas ASG

Kejuaraan tenis (FOTO ANTARA)

Singapura (Antarasumsel.com) - Kontingen tenis Indonesia sukses mempersembahkan satu medali emas ASEAN Schools Games (ASG) 2017, Singapura, melalui nomor perorangan ganda putri setelah Fadona Titalyana/Novela Rezha menaklukkan rekan senegaranya Shevita Aulana/Putri Sanjungan Insani di babak final, Rabu.

Dalam laga yang digelar di Akademi Tanglin itu, Fadona/Novella mengalahkan Shevita/Putri dengan skor 7-6, 5-7 dan 6-2. Shevita/Putri pun memberikan perak untuk Indonesia.

Di babak final lainnya, ganda putra Indonesia Iswandaru Kusumo/Indra Wahyu harus puas meraih perak setelah kalah dari ganda putra Thailand.

Dengan demikian, kontingen tenis Indonesia berhasil mengumpulkan total satu emas, empat perak dan lima perunggu.

Selain dari ganda putri dan ganda putra, medali perak juga diperoleh dari nomor beregu putra dan putri.

Sementara lima perunggu direngkuh dari petenis-petenis Indonesia yang gagal menang di semifinal pada Selasa (18/7), yaitu tunggal putra Rindosa Wijaya dan Christian Alfin, tunggal putri Fitriani Sabatini, ganda putra Ali Akbar/Ari Fahresi dan ganda campuran Rifki Fitriadi/Fitriana Sabrina.

Akan tetapi, satu emas, empat perak dan lima perunggu belum bisa memenuhi target tiga medali emas dari cabang olahraga tenis yang diberikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Menurut pelatih tim tenis Suharyadi, tim Indonesia memang masih kalah dibandingkan petenis Thailand dari beberapa aspek sehingga gagal membendung atlet-atlet Negeri Gajah Putih baik di nomor beregu maupun perorangan.

Thailand sendiri tampil sangat mendominasi di ASG 2017 dengan merebut semua medali emas, kecuali di ganda putri yang dimenangkan Indonesia.

"Tim Thailand memiliki kualitas merata, baik teknik maupun kekuatan. Para petenis unggul dalam hal tenaga dan kecepatan. Selain itu mereka juga bermain dengan kecepatan yang konsisten," kata Suharyadi.

Dengan diperolehnya emas dari tenis, maka sampai berita ini diturunkan, Indonesia sudah mengoleksi 21 medali emas di ASG ke-9 2017, Singapura.