Jaringan Telkomsel normal di Belitung meski dilanda banjir

id selular, seluler, jaringan, telkomsel, banjir

Jaringan Telkomsel normal di Belitung meski dilanda banjir

Telkomsel beri bantuan korban banjir (Antarasumsel.com/Susilawati/17)

Palembang  (Antarasumsel.com) - Secara keseluruhan layanan jaringan Telkomsel yang menyelimuti Pulau Belitung beroperasi normal dan tetap dapat melayani kebutuhan warga melakukan komunikasi menggunakan perangkat telepon seluler mereka baik untuk layanan suara, SMS maupun internet menggunakan layanan data.

Executive Vice President Area Sumatera Telkomsel Paulus Djatmiko menyampaikan hal itu terkait dengan sejumlah wilayah pada Kabupaten Belitung dan Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami musibah banjir akibat hujan deras sejak beberapa hari lalu di Palembang, Selasa.

Beberapa kecamatan terendam banjir mulai dari Simpang Renggiang, Kepala Kampit, Gantung, Manggar dan beberapa wilayah lainnya.

Menurut dia, sekalipun beberapa BTS tidak dapat beroperasi secara maksimal akibat terputusnya pasokan listrik di sejumlah lokasi yang terendam banjir, namun untuk wilayah terdampak bencana tersebut secara umum kondisi jaringan Telkomsel yang dominan menyelimuti wilayah ini tetap dapat melayani pelanggan.

Untuk menjaga performansi jaringan pada wilayah yang terkena dampak bencana banjir, tim Telkomsel secara terus menerus memantau perkembangan performansi jaringan agar tetap dapat melayani pelanggan dengan baik, katanya.

Ia mengatakan, perusahaan juga menyiagakan mobile backup power  akan difungsikan sebagai catuan daya listrik cadangan pada daerah yang membutuhkan, terutama yang memiliki potensi mengalami pemadaman listrik akan berlangsung lama, sehingga layanan kepada pelanggan tetap terjaga.

"Mobilisasi catuan daya listrik cadangan kami lakukan dengan cepat walau terkendala dengan akses ke beberapa lokasi yang terbatas karena terendam banjir," ujarnya.

Ia mengatakan, selain itu juga alat transportasi yang terbatas menjadi tantangan bagi tim Telkomsel dalam menjaga ketersediaan layanan telekomunikasi bagi masyarakat Belitung.

Selain memastikan kondisi jaringan tetap dapat melayani pelanggan, perusahaan juga memberikan bantuan bagi masyarakat melalui posko BNPB.

Bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji, minuman, termasuk kebutuhan sandang seperti sarung, selimut hingga jas hujan diharapkan dapat meringankan beban warga yang terdampak banjir, tuturnya.

Di samping bantuan sosial, untuk memberikan dukungan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan untuk berkomunikasi dan berkoordinasi di lokasi bencana, Telkomsel juga menyediakan layanan telepon gratis dan fasilitas charging ponsel gratis di Desa Lintang Kecamatan Gantung.

Selain itu, fasilitas yang sama juga disediakan pada sejumlah mobile grapari bergerak sesuai kebutuhan di lokasi banjir.

Untuk kebutuhan komunikasi selain tetap menjaga kualitas jaringan, perusahaan juga menjamin ketersediaan produk Telkomsel, katanya. (Rel/KR-SUS)