Pembangunan toko Indonesia di perbatasan meningkat nasionalisme

id perbatasan, toko, Pembangunan toko Indonesia, naionalsime, dana alokasi khusus

Pembangunan toko Indonesia di perbatasan meningkat nasionalisme

Pasar Tradisional (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)

Nunukan (Antarasumsel.como) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menyakini pembangunan toko Indonesia di wilayah perbatasan dengan Malaysia dapat meningkatkan nasionalisme bagi masyarakat perbatasan.

Rencana pembangunan toko Indonesia tersebut di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dengan menggunakan dana APBN berupa dana alokasi khusus (DAK), kata Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mrelalui siaran pers Humas Pemprov Kaltara kepada Antara di Nunukan, Jumat.

Toko Indonesia yang akan menjual produk dalam negeri ini diharapkan pula memeratakan harga secara nasional dan memudahkan masyarakat perbatasan mendapatkan produk dalam negeri dengan harga terjangkau.

"Pembangunan toko Indonesia diharapkan semakin meningkatkan kecintaan masyarakat perbatasan dengan produk dalam negeri (Indonesia)," kata dia.

Selama ini masyarakat di wilayah perbatasan di Provinsi Kaltara lebih banyak mendapatkan kebutuhan pokok sehari-hari dari negara tetangga Malaysia dibandingkan produk dalam negeri sendiri.

Hal ini disebabkan akses ke daerah lain di sekitarnya sangat sulit kecuali menggunakan jalur udara.

Sementara akses menuju negara Malaysia lebih mudah dan dekat melalui jalur darat.

Oleh karena itu, ke depannya produk yang dijual pada toko Indonesia ini bekerja sama dengan Bulog.