Pameran foto dan topeng Indonesia di Hongaria

id pameran foto, Hongaria, Wening Esthyprobo Fatandari, Kebudayaan Szantodpuszta

Pameran foto dan topeng Indonesia di Hongaria

Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo Fatandari meresmikan pameran Foto karya fotografer kenamaan Hongaria, Atilla P Kovacs (Antarasumsel.com/Zeynita/Ang/17)

London (Antarasumsel.com) -  Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo Fatandari meresmikan pameran Foto karya fotografer kenamaan Hongaria, Atilla P Kovacs dan pameran 20 topeng khas Bali serta 10 wayang kulit koleksi Peter Bezi.

Pameran itu berlangsung di kota wisata Szantodpuszta, Hongaria, Jumát.    
Pameran menampilkan topeng dan keragaman budaya Bali sebagai ikon utama, dinilai Dubes Wening sebagai sarana untuk promosi Indonesia, demikian keterangan KBRI Budapes yang diterima Antara London, Sabtu.

Menurut Dubes, belum banyak masyarakat Internasional yang tahu tentang seni topeng Indonesia. Pameran wayang dan fotografi  dinilai tepat sasaran karena dilaksanakan di Szantodpuszta, Balaton, yang merupakan pusat rekreasi dan turisme musim panas di Hongaria.

Diharapkan pameran yang diadakan di Pusat Pariwisata dan Kebudayaan Szantodpuszta  selama  dua minggu ini dapat menarik lebih dari 2500 pengunjung.

Acara pembukaan pameran juga dihadiri Wali Kota SzantodVisvari Attila, kemudian Direktur Center of Tourism and Culture os Szantodpuszta Szilvia Kovacs, Ketua Asosiasi Budaya Indonesia-Hongaria  Bézi Peter dan Kovacs Attilla, fotografer kenamaan Hongaria, yang memamerkan karyanya tentang Indonesia.

Pejabat pemerintah daerah setempat dan masyarakat Szantodpuszta sangat antusias menyaksikan pembukaan pameran dan ditampilkan tarian khas Indonesia serta makanan tradisional Indonesia.

Kota Szantodpuszta terletak di Balaton berjarak sekitar 115 km dari Budapest merupakan pusat wisata musim panas di Hongaria karena memiliki danau Balaton yang merupakan danau terbesar di kawasan Eropa Timur.      

Pameran foto dan topeng Indonesia  merupakan sinergi antara  Center of Tourism and Culture of Szantodpuszta, Asosiasi Budaya Indonesia-Hongaria dan KBRI Budapest. Kegiatan Pameran yang dibuka di musim panas ini menjadi momentum untuk memberikan pilihan kepada warga Hongaria dan negara Eropa Tengah lainnya agar memilih berlibur ke Bali maupun ke wilayah Indonesia lainnya.