Komang andalan Indonesia rebut emas SEA Games

id selancar, Komang Suhartana, tim renang Indonesia, SEA Games, kawasan Asia, Oka Sulaksana

Komang andalan Indonesia rebut emas SEA Games

(ANTARA)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Peselancar Komang Suhartana menjadi andalan tim renang Indonesia untuk merebut medali emas SEA Games 2017 Malaysia, 19-31 Agustus mengingat atlet asal Bali ini kemampuannya sudah tidak diragukan lagi terutama di kawasan Asia.

"Peluang meraih satu emas di Malaysia nanti memang cukup terbuka lewat Komang Suhartana. Prestasi yang dimiliki saat ini cukup untuk modal di SEA Games nanti," kata pelatih selancar Indonesia, Oka Sulaksana dalam keterangan dari Satlak Prima yang diterima di Jakarta, Minggu.

Oka yang selama ini menjadi tulang punggung Indonesia dalam setiap kejuaraan selancar internasional ini menilai juniornya memang sudah layak untuk mendapatkan pengakuan.

Komang Suhartana, kata Oka, bahkan mampu menjadi juara pada kejuaraan Asia di Thailand beberapa waktu lalu. Hal tersebut menunjukkan jika peluang Indonesia untuk merebut medali emas dari selancar cukup terbuka. Pada kejuaraan dua tahunan ini, Komang akan turun di nomor race 1.

"Peluang memang cukup terbuka. Makanya saya akan berusaha keras untuk mengejar target yang ditetapkan," kata Komang Suhartana.

Selain Komang, pada SEA Games 2017 Indonesia juga bakal menurunkan Sasyadine yang akan turun di nomor race 1 putri. Hanya saja, di sektor putri tidak dibebani target tinggi. Perunggu dinilai sebagai target yang realistis.

Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini meski hanya ditargetkan meraih medali perunggu bukan berarti persiapan yang dilakukan tidak maksimal. Sasyadine bertekad meraih hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan target yang ada.

"Saya berlatih di Bali sejak Februari dan meninggalkan kedua orang tua saya di Jakarta. Tujuan saya sudah jelas yaitu bisa meraih hasil terbaik di SEA Games 2017. Target memang perunggu, tapi saya tetap mengincar emas," kata Mahasiswi semester enam UNJ itu.

Persiapan tim selancar sama dengan cabang olahraga lain yaitu banyak kendala terutama masalah dana. Bahkan, tim selancar ini mempunyai tanggungan lebih dari Rp200 juta. Hadirnya CdM Aziz Syamsuddin ke lokasi pelatnas diharapkan menjadi solusi untuk memecahkan permasalahan yang ada.