Pacu perahu tradisi warga merangin meriahkan lebaran

id perahu, lomba perahu tradisional, pacu biduk, merangin, jambi, wisata sungai

Pacu perahu tradisi warga merangin meriahkan lebaran

Ilustrasi. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol) ()

Jambi (Antarasumsel.com) - Lomba "pacu biduk" atau lomba perahu tradisional menjadi tradisi turun menurun warga Desa Teluk Sikumbang, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi untuk memeriahkan lebaran.

Pelaksana Tugas Kepala Desa Teluk Sikumbang Jafri, di Merangin, Kamis, mengatakan kegiatan wisata sungai saat lebaran itu selalu ditunggu-tunggu warga Merangin karena sudah menjadi tradisi.

"Lomba pacu biduk ini biasanya digelar saat libur lebaran. Tujuannya sebagai ajang silaturahmi dan mempererat kebersamaan," kata Jafri lagi.

Dia menyatakan pada Lebaran 2017 ini, kegiatan tersebut dilangsungkan di Sungai Tembesi, Pulau Pandan.

Menurut Jafri, agenda tahunan desa tersebut sudah berlangsung cukup lama bahkan selalu dinantikan masyarakat.

Selain dalam rangka silaturahmi dan memeriahkan lebaran, kegiatan tersebut diharapkan dapat mengangkat tradisi desa ke tingkat nasional.

"Lomba perahu tradisional ini berlangsung selama empat hari, dimulai pada hari kedua lebaran hingga hari terakhir lebaran. Tahun ini cukup meriah karena banyak dihadiri masyarakat Merangin," katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Fadli berharap bupati setempat bisa datang di lokasi acara untuk melihat langsung serta bisa ikut menikmati pacu perahu yang menjadi tradisi desa itu.

Fadli menambahkan, dengan adanya momen ini juga terbuka peluang ekonomi untuk masyarakat dengan berjualan aneka makanan dan minuman bagi para pengunjung.