MUI berharap Idul Fitri berlangsung bersamaan

id Maruf Amin, Idul Fitri, umat Islam, mui, penetapan 1 Syawal

MUI berharap Idul Fitri berlangsung bersamaan

Ilustrasi-Ribuan warga shalat Ied di Masjid Agung Palembang (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin berharap Idul Fitri 1438 Hijriyah/2017 Masehi dapat dirayakan bersamaan di antara elemen umat Islam.

"Semoga tidak terjadi perbedaan dalam penetapannya," kata Ma'ruf lewat "Taushiyah Dewan Pimpinan MUI" di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan apabila terjadi perbedaan di antara warga masyarakat hendaknya disikapi dengan penuh damai, saling menghormati dan menghargai satu dengan yang lainnya dengan mengedepankan semangat persatuan atau ukhuwah Islamiyah.

MUI, kata dia, juga menyambut baik rencana penetapan 1 Syawal 1438 Hijriyah oleh pemerintah melalui Sidang Isbat Kementerian Agama RI bersama MUI dan ormas-ormas Islam pada 24 Juni 2017.

Menjelang berakhirnya Ramadhan, lanjut dia, MUI mengajak umat Islam untuk menyempurnakan puasa dengan mengeluarkan zakat fitrah, zakat harta, infak, wakaf dan sedekah. Dalam pelaksanaannya agar dilakukan dan direncanakan secara baik dan benar tanpa menimbulkan dampak negatif yang tidak diinginkan.

Seusai bulan puasa, Ma'ruf mengajak umat Islam supaya dapat lebih meningkatkan kepatuhan terhadap ajaran Islam dan kepeduliannya terhadap sesama terutama kepada kaum dhuafa, fakir-miskin dan anak yatim-piatu.

"Sehingga tujuan berpuasa sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT benar-benar dapat tercapai yaitu terbentuknya pribadi yang shaleh dan bertakwa," kata dia.