United bersih dalam transfer Pogba

id Pogba, united, FIFA, Manchester United

United bersih dalam transfer Pogba

Paul Pogba (REUTERS / Jason Reed)

Berne (Antara/Reuters) - FIFA menyatakan Manchester United bersih dari kesalahan apapun dalam transfer gelandang Paul Pogba dari Juventus, namun mengatakan pada Selasa bahwa mereka telah membuka pemeriksaan terhadap klub Italia tersebut.  
Badan sepak bola dunia itu telah meminta informasi tentang transfer Pogba yang memecahkan rekor transfer dunia dari Juventus kepada kedua klub, menyusul bocoran-bocoran yang mengklaim untuk memberikan detail-detail mengenai kesepakatan besar itu.

Sebuah buku berjudul "Bocoran-bocoran Sepak Bola: Bisnis Kotor Sepak Bola," menuding agen Pogba, Mino Raiola, telah mendapatkan lebih dari 40 juta euro dari kesepakatan itu, di mana 27 euro dibayarkan oleh Juventus.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa pemeriksaan disiplin telah dibuka terhadap Juventus FC. Ketika pemeriksaan-pemeriksaan berlangsung mohon dipahami bahwa kami tidak dapat berkomentar lebih jauh pada fase ini," kata FIFA dalam pernyataannya melalui surat elektronik.

"Kami juga dapat mengonfirmasi bahwa tidak ada pemeriksaan disiplin yang dibuka terhadap Manchester United."
FIFA tidak memberikan detail-detail mengenai penyebab proses pemeriksaan terhadap Juventus, namun laporan sejumlah media mengindikasikan bahwa hal itu dapat terkait dengan pelanggaran terhadap peraturan kepemilikan pihak ketiga.

Pada April 2015, FIFA mengumumkan larangan kepemilikan pihak ketiga, yang menghalangi baik klub maupun pemain untuk memasuki kesepakatan-kesepakatan hak ekonomis dengan para investor pihak ketiga.

Pada wawancara dengan Financial Times Oktober silam, Raiola berkata, "pada kesepakatan ini Juventus bukan satu-satunya pemilik hak-hak sang pemain." Laporan itu juga mengutip bahwa baik sang agen dan Juventus membantah terdapat kepemilikan pihak ketiga terkait Pogba. (H-RF)