Tol Medan-Binjai akan dioperasikan untuk jalur mudik

id tol, Tol Medan-Binjai, jalan utama, jalur mudik, Hestu Budi

Tol Medan-Binjai akan dioperasikan untuk jalur mudik

Foto menunjukkan jalan tol Medan-Binjai seksi III, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (3/6/2017). (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Binjai, Sumut (Antarasumsel.com) - Jalan Tol Medan-Binjai di Sumatera Utara akan dioperasikan pada H-10 Lebaran 2017 untuk jalur mudik sekaligus mengantisipasi kemungkinan terjadi kemacetan arus lalu lintas di jalan utama.

"Dari tiga seksi ruas jalan tol, hanya satu seksi ruas jalan sepanjang enam kilometer saja yang bisa digunakan para pemudik," kata Manager Pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai Hestu Budi di Binjai, Rabu.

Hestu Budi menjelaskan Jalan Tol Medan-Binjai sepanjang 17 kilometer yang menghubungkan Kota Medan dan Kota Binjai di Provinsi Sumatera Utara dipastikan akan digunakan pemudik pada Lebaran 2017.

PT Hutama Karya selaku pelaksana proyek pembangunan jalan tol itu mengatakan siap untuk mengoperasikan jalan tol itu. Namun dari tiga sesi ruas jalan tol hanya seksi tiga saja yang bisa digunakan pemudik karena pengerjaannya sudah rampung 99 persen.  

Seluruh ruas jalan di seksi tiga mulai dari pintu gerbang tol hingga pintu exit (keluar) telah selesai dikerjakan oleh Hutama Karya hanya tinggal finishing berupa pengecatan dan pemasangan rambu jalan tol.  

Sedangkan ruas Jalan Tol Medan-Binjai untuk seksi satu dan dua masih terus dikerjakan dan  belum bisa dilalui pemudik.

Hestu Budi menjelaskan seksi satu ruas Jalan Tol Medan-Binjai dimulai dari Pintu Megawati Binjai dan akan keluar di Pintu Tol Sei Semayang dengan jarak hampir enam kilometer.    

Ia juga menjelaskaan, nantinya para pengguna Jalan Tol Medan-Binjai itu dapat menggunakannya secara gratis atau tidak berbayar namun hanya dibuka pada siang hari saja.    

"Pada malam hari jalan tol ditutup karena sarana penerangan jalan tol yang belum memadai," katanya.  

Dengan dioperasikannya Jalan Tol Medan- Binjai itu para pemudik setidaknya dapat menghindari kemacatan di ruas jalan utama di Kabupaten Deli Serdang. Jalur tersebut selama ini sering macet saat lebaran.