Warriors juara NBA 2017

id Golden State Warriors, nba, bola basket, Cleveland Cavaliers, NBA 2017, Andre Iguodala, Patrick McCaw, juara nba 2017

Warriors juara NBA 2017

Penjaga Golden State Warriors Klay Thompson (11) jatuh di bagian belakang pusat Cleveland Cavaliers Tristan Thompson (13) pada kuarter ketiga dalam pertandingan lima final NBA 2017 di Oracle Arena. (Antarasumsel.com/Reuters)

Oakland, Amerika Serikat (Antara/Reuters) - Golden State Warriors menaklukkan Cleveland Cavaliers 129-120 Senin malam (Selasa WIB), untuk memastikan gelar juara kompetisi bola basket NBA 2017.

Trofi tahun ini merupakan yang kedua dalam tiga musim terakhir bagi Warriors, yang mencetak hasil nyaris sempurna selama babak playoff.

Kemenangan di Oakland tersebut menjadikan Warriors unggul 4-1 dari tujuh laga final yang direncanakan). Sejak babak playoff total rekor Warriors adalah 15-1. Mereka hanya kalah sekali, yakni pada final laga keempat dari Cavaliers.

Kevin Durant memberi jalan kemenangan bagi Warriors dengan sumbangan 39 poin, serta mendorong timnya untuk dapat mengatasi Cavaliers, termasuk melalui kontribusi dari pemain veteran 33 tahun Andre Iguodala dan pemain berusia 21 tahun Patrick McCaw.

Bintang Cavaliers LeBron James mencetak poin tertinggi 41 pada malam itu, namun lemahnya pertahanan timnya membuat Warriors dapat menguasai akhir pertandingan, di tengah gemuruh dukungan penonton.

"Saya tidak dapat tidur selama dua hari. Saya cemas, saya gelisah," kata Durant, yang terpilih sebagai pemain terbaik pada final NBA.

"Saya hanya ingin tampil maksimal. Saya pastikan hal itu ada hasilnya dan saya harus yakin. Kami tampil bagus malam ini," katanya.

Durant juga memberi hormat kepada tim Cleveland, khususnya guard Kyrie Irving dan forward LeBron James.

"Kita harus angkat topi pada Cleveland," katanya.

Sementara itu point guard Warriors Stephen Curry mengatakan, timnya mempelajari segala hal dari yang telah mereka lalui di kompetisi NBA ini.

"Bagi kami, suatu anugrah bisa bermain hingga ke tahap ini tiga tahun berturut-turut," kata Curry saat selebrasi kemenangan.