Perbaikan jalur mudik Jambi selesai H-3

id perbaikan jalan, Zumi Zola, jalur mudik, pemudik

Perbaikan jalur mudik Jambi selesai H-3

Ilustrasi (Antarasumsel.com/E Permana)

Jambi (Antarasumsel.com) - Gubernur Jambi Zumi Zola menargetkan perbaikan darurat jalur mudik di Jambi yang mengalami rusak parah seperti berlubang akan selesai pada tiha hari sebelum (H-3) Lebaran 2017 ini.

"Kami sudah koordinasi dengan Balai Jalan, sehingga jalan nasional juga harus dalam kondisi bagus dan siap dilalui oleh para pemudik," kata Gubernur Zumi Zola, di Jambi, Selasa.

Zola menginginkan jalur mudik di wilayahnya bisa dilalui masyarakat dengan lancar, salah satunya ruas jalan Simpang Tempino-Muarabulian di Kabupaten Batanghari saat ini masih banyak berlubang.

Dia mengaku sudah meninjau kondisi jalan tersebut, dan ingin memastikan menjelang Idulfitri tahun ini infrastruktur jalan aman dan lancar untuk dilalui para pemudik.

Jalan Tempino sampai Muarabulian nantinya akan dibangun dengan rigid beton, tapi mengingat lebaran sudah dekat dan tidak mungkin bisa diselesaikan dalam waktu singkat, jalan tersebut hanya dilakukan penimbunan.

"Sementara kami harus memperbaiki dan menimbun beberapa titik jalan yang berlubang terlebih dahulu. Ada sepanjang 2,5 kilometer bisa dikatakan rusak, ini harus diperbaiki menjelang lebaran," katanya pula.

Dia menjelaskan, mulai dari Simpang Tempino sampai Desa Kilangan di Kabupaten Batanghari, ada beberapa titik lubang yang harus ditimbun dan harus selesai pada H-3 lebaran serta harus bisa dilewati dalam kondisi yang bagus dan siap dilalui para pemudik.

"Pemerintah akan mendorong pihak kontraktor memenuhi kebutuhan itu. Saya akan mendorong pihak kontraktor cepat menyelesaikannya, makanya kami tinjau terus," katanya lagi.

Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas PUPR, kata Zola, telah menyiagakan pula empat unit alat berat pada titik-titik jalan yang kondisinya rusak berat, seperti di Sungai Bahar, Sungai Gelam, Kumpeh, Tempino, dan Muarabulian.