Iran amankan tiket ke Piala Dunia

id iran, Piala Dunia, Uzbekistan, Sardar Azmoun, kualifikasi piala dunia, Carlos Queiroz

Iran amankan tiket ke Piala Dunia

Ilustrasi - Petandingan sepak bola (REUTERS/Dominic Ebenbichler)

Teheran (Antara/Reuters) - Iran menjadi tim kedua yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan, ketika mereka menang 2-0 atas Uzbekistan melalui gol yang dibukukan Sardar Azmoun dan Mehdi Taremi di Stadion Azadi pada Senin.

Gol Azmoun pada pertengahan babak pertama membawa Iran kembali ke jalur untuk lolos ke ajang 2018 di RUsia, sebelum Taremi menambahi gol kedua dua menit sebelum pertandingan usai, ketika untuk pertama kalinya Iran mengikuti Piala Dunia untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Sang juara Asia tiga kali, yang gagal mengonversi penalti setelah turun minum, bergabung dengan Brazil sebagai negara yang dipastikan lolos ke ajang besar empat tahunan ini setelah Iran mengamankan keikut sertaan mereka di Piala Dunia untuk kelima kalinya.

Kemenangan ini memastikan pasukan Carlos Queiroz akan finis di dua posisi teratas di Grup A putaran final kualifikasi Asia. Uzbekistan tertinggal dua angka dari sang pemuncak klasemen di peringkat ketiga dan masih memiliki dua pertandingan tersisa.

Dua tim teratas dari masing-masing grup kualifikasi Asia lolos otomatis ke putaran final, sedangkan tim-tim di peringkat ketiga akan memainkan putaran playoff.  
Azmoun membuka keunggulan timnya pada menit ke-23 ketika Alireza Jahanbaksh melepaskan umpan terobosan yang dimaksimalkan penyerang FC Rostov itu untuk dikonversi menjadi gol tanpa dapat dihalau kiper Aleksandr Lubanov.

Kapten Masoud Shojaei menyia-nyiakan peluang untuk menggandakan keunggulan Iran pada menit kelima babak kedua, ketika ia mengeksekusi penalti yang melambung di atas mistar setelah Taremi dilanggar di kotak terlarang oleh Akmal Shorakhmedov.

Namun Taremi menghapus rasa cemas kubu Iran ketika ia menambahi gol kedua pada fase akhir pertandingan, dengan melepaskan tembakan melengkung menuju gawang Lobanov untuk memicu perayaan di kalangan para pendukung tuan rumah.(H-RF)