Inggris Juara Piala Dunia U-20

id Kyle Walker-Peters, Kyle Walker, Peters, U-20 piala dunia, sepak bola, inggris

Inggris Juara Piala Dunia U-20

Kyle Walker-Peters, salah satu andalan Inggris pada Piala Dunia U-20. (Reuters (Antarasumsel.com/REUTERS)

Seoul (Antara/Reuters) - Inggris memenangi Piala Dunia U-20, gelar dunia pertama negara itu di semua level sejak 1966, setelah gol Dominic Calvert-Levin pada menit ke-35 mengamankan kemenangan 1-0 mereka atas Venezuela pada Minggu.

Venezuela menyia-nyiakan peluang untuk kiper Inggris Freddie Woodman menggagalkan penalti Adalberto Penaranda pada menit ke-74, pada pertandingan yang berlangsung menarik di Suwon, Korea Selatan.

Negara Amerika Selatan itu, yang memainkan sepak bola bagus dan positif, nyaris mengemas gol pembukaan pada menit ke-24 melalui tendangan bebas Ronaldo Lucena membentur mistar gawang.

Bagaimanapun, Inggris mampu membuka keunggulan setelah Calvert-Lewin memenangi duel udara di tepi kotak penalti. Tembakannya dapat ditepis kiper Wuilker Farinez, namun penyerang Everton itu mampu menyambar bola liar.

Setelah turun minum, Woodman mampu membantu pertahanan dan menggagalkan peluang Sergio Cordova setelah mendapat kiriman umpan bagus dari Yeferson Soteldo.

Gelandang Tottenham Hotspur Josh Onomah, yang tampil gemilang sepanjang pertandingan, melepaskan sepakan jarak jauh yang mengenai mistar gawang setelah mendapat operan dari lapangan tengah, namun Inggris kemudian mendapat ancaman serius.

Bek Inggris Jake Clarke-Salter dinyatakan melanggar Penaranda di dalam kotak terlarang, keputusan yang dikonfirmasi oleh video asisten wasit, namun Woodman mampu menggagalkan eksekusi penalti Penaranda.

Venezuela berusaha menggebrak pada fase akhir pertandingan, namun pasukan Paul Simpson mampu mempertahankan keunggulan untuk memberikan gelar dunia pertama bagi Inggris sejak Piala Dunia 51 tahun silam.(H-RF)