IKPB siapkan sertifikasi penyuluh keluarga berencana

id ikpb, bkkbn sumsel

IKPB siapkan sertifikasi penyuluh keluarga berencana

IKPB siapkan sertifikasi penyuluh keluarga berencana (Antarasumsel.com/Edo Purmana/17)

Baturaja (Antarasumsel.com) - DPD Ikatan Penyuluh Keluarga Bebencana Sumatera Selatan dan DPC IPKB Ogan Komering Ulu kerja sama dengan LPK Dewantara Mandiri mengadakan pelatihan persiapan sertifikasi kompetensi penyuluh kependudukan keluarga berencana berlangsung di Baturaja, Minggu.

Kegiatan tersebut diikuti 30 peserta Penyuluh Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang ada di Dinas BKKBN Ogan Komering Ulu (OKU), kata Ketua umum DPC IPKB OKU, Marhasan di Baturaja.

Kegiatan pelatihan tersebut sengaja diadakan guna mempersiapkan para penyuluh KKBPK dalam melengkapi data online untuk mengikuti ujian sertifikasi kompetensi nanti.

Sementara total keseluruhan penyuluh KKBPK yang ada di Sumsel berjumlah 493 orang, dimana semuanya dibagi menjadi 4 angkatan untuk mengikuti pelatihan utama persiapan ujian sertifikasi kompetensi.

Pelatihan tersebut merupakan tindak lanjut dari pelatihan sebelumnya. Dimana IPKB Sumsel dan OKU bekerja sama dengan LKP Dewantara Mandiri.

Menurut dia, kedepan DPD IPKB Sumsel bersama LKP Dewantara Mandiri akan mengadakan roadshow di 17 kabupaten dan kota di Sumsel guna melatih 493 penyuluh KKBPK supaya lebih siap menghadapi ujian sertifikasi kompetensi pada Juli dan September nanti.

Ia mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan tersebut agar para penyuluh dapat mengikuti ujian sertifikasi kompetensi dengan baik dan lancar serta siap menghadapi akselarasi program KKBPK sampai terlaksana alih kelola penyuluh KKBPK kembali vertikal dan menjadi anak kandung BKKBN pusat.

Pimpinan LKP Dewantara Mandiri Heri Safizal menambahkan, LPK yang dipimpinnya baru saja mengikuti proses akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) PNF dan PAUD Pusat dan sedang menunggu hasil.

"Sekarang dipercaya juga oleh IPKB Sumsel dan OKU untuk mengadakan pelatihan persiapan sertifikasi kompetensi penyuluh KKBPK terutama dalam pengisian data online," katanya.

Selanjutnya, mereka akan mengikuti pelatihan utama diadakan oleh BKKBN Sumsel di Palembang, 12-13 Juni 2017.