Dinas Perhubungan siapkan jalan aternatif bagi pemudik

id Joni Afriadi, jalan alternatif, arus mudik, oku, lintas timur, jalan cor beton Kurup

Baturaja (Antarasumsel.com) - Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, telah menyiapkan beberapa jalan alternatif, baik jalan nasional maupun jalan kabupaten, bagi para pemudik yang akan merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halamannya.

"Sejumlah jalan alternatif itu, antara lain jalan cor beton Kurup, pertigaan Kelurahan Tanjung Agung, Jalan Baturaja-Lekis, dan Kemiling menuju Batumarta," kata Kepala Dinas Perhubungan Ogan Komering Ulu melalui Kabid Angkutan Joni Afriadi di Baturaja, Minggu.

Dia menjelaskan jalan itu sebagai alternatif jika arus mudik di jalur utama terjadi kemacetan atau jalan putus di jalan utama (nasional, provinsi, kabupaten).

Saat ini, katanya, jalan yang menjadi jalur mudik masyarakat masih banyak mengalami kerusakan, baik itu berlubang maupun bergelombang, sehingga kondisi tersebut membahayakan dan rawan kecelakaan bagi yang melintasinya.

Ada juga beberapa titik yang rawan kemacetan di jalan lintas Sumatera, yakni jalan yang terdapat pasar kalangan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu juga sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini.

Sebanyak 17 puskesmas yang tersebar di beberapa kawasan disiagakan dan pelayanannya tetap buka (sistem piket) selama Ramadhan.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan tiga rumah sakit di Baturaja jika ada yang perlu dirujuk, yakni RSUD Ibnu Sutowo, RS Antonio, dan RS Dr Noesmir," kata Kadinkes Ogan Komering Ulu Suharmasto.