Lampung tengah libatkan warga perbaiki jalan kampung

id Mustafa, perbaikan jalan, jembatan kampung, melibatkan masyarakat, menfasilitasi anggarannya

Lampung tengah libatkan warga perbaiki jalan kampung

(Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)

Bandarlampung (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melibatkan warga untuk memperbaiki infrastruktur jalan di setiap kampung di daerah itu.

Bupati Lampung Tengah Mustafa dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Jumat, mengatakan pihaknya akan melibatkan masyarakat di masing-masing kampung untuk mempercepat realisasi perbaikan infrastruktur jalan.

"Di sini pemberdayaan masyarakat kampung yang kami kedepankan. Dengan ini realisasinya diharapkan sesuai keinginan masyarakat. Sebab kampunglah yang mengusulkan dan mereka juga yang melaksanakan, pemerintah hanya menfasilitasi anggarannya saja," kata dia.

Tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur saja, Mustafa menjelaskan pada tahap pertama ini juga turun dana kampung sebesar 25 persen untuk honor insentif linmas, RT, kepala dusun,  dan kepala kampung.

Pihaknya berpesan kepada para kepala kampung agar menggunakan anggaran itu dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan.

Selain pembangunan infrastruktur jalan,  anggaran ini juga di gunakan untuk peningkatan posyandu, PKK, pemberdayaan pemuda melalui organisasi karang taruna dan beberapa kegiatan pembangunan dan pemberdayaan lainnya.

"Saya berharap dengan adanya pembangunan ini dapat menjadikan Lampung Tengah sebagai kabupaten yang maju dan masyarakatnya sejahtera," kata dia.

Bupati itu menjelaskan pihaknya telah menganggarkan Rp1 miliar untuk setiap kampung yang digunakan selain perbaikan infrastruktur jalan juga kegiatan non-fisik lainnya.

"Realisasi pencairan dana kampung dilakukan bertahap. Tahap pertama sudah turun sejak awal Mei lalu sebanyak 60 persen. Sehingga masing-masing kampung sudah bisa menggunakan dana tersebut sesuai dengan draf yang telah diajukan dalam rencana pembangunan kampung," jelasnya.

Mustafa menambahkan kabupaten Lampung Tengah telah menyalurkan dana tersebut ke 301 kampung. Dari 60 persen anggaran tersebut dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur,  pembinaan pemuda kampung, PKK, posyandu, PAUD dan beberapa pembinaan lainnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan dan Kemasyarakatan Kampung Kabupaten Lampung Tengah Zulfikar Irwan mengatakan target dari anggaran dana Kampung ini adalah infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.  

"Khususnya jalan. Jika jalannya bagus, otomatis mobilisasi perekonomian dan pertanian di tingkat kampung dapat lebih mudah," kata dia.