Sekda minta keberadaan sembako terus dipantau

id sembako, sembako di pasaran palembang

Sekda minta keberadaan sembako terus dipantau

Permintaan sembako jelang Ramadhan dan Idul Fitri meningkat (FOTO ANTARA)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pelaksana Tugas Sekda Pemprov Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa minta instansi terkait untuk selalu mengawasi kondisi stok sembilan bahan pokok di pasaran selama Ramadhan.

Pengawasan diperlukan karena dikhawatirkan persediaan berkurang sehingga harga di atas normal, kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Joko Imam Sentosa di Palembang, Kamis.

Apalagi selama puasa ini permintaan sembilan bahan pokok (Sembako) meningkat, sehingga pedagang akan menaikan harga jual, kata dia.

Oleh karena itu cek dan awasi harga di pasar supaya diketahui perkembangan kebutuhan pokok tersebut, ujar dia.

Jadi bila persediaan sembako berkurang harus diatasi atau melakukan penambahan, ujar dia.

Memang, lanjut dia, pihaknya bekerja sama dengan Perum Bulog untuk mengantisipasi supaya harga tidak terlalu tinggi.

Dia mengatakan, beberapa waktu lalu Pemprov Sumsel meluncurkan pasar murah bersama Perum Bulog.

Sekda minta agar masyarakat memanfaatkan operasi pasar tersebut karena pihaknya minta Perum Bulog melakukan penjualan dengan harga murah setiap hari.

Selain itu Pemprov Sumsel juga akan mengantipasi supaya harga kebutuhan pokok di pasaran tidak naik di atas normal, ujar dia.

Dia mengatakan, pemantauan persediaan kebutuhan pokok cukup penting mengingat permintaan masyarakat selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri akan meningkat.

Dalam kesempatan itu Pemprov Sumsel mengimbau agar masyarakat membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan atau memborong dalam jumlah melebihi dari kebutuhan.