Pejabat Kanwil Kemenkumham Safari Ramadhan ke Rutan

id rutan, rutan baturaja

Pejabat Kanwil Kemenkumham Safari Ramadhan ke Rutan

Pejabat Kanwil Kemenkum Ham Sumsel safari ramadhan di Rutan Baturaja (Antarasumsel.com/Edo Purmana/17)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan diwakili Kepala Divisi Pemasyarakatan Zulkipli, melakukan Safari Ramadhan mengunjungi Rumah Tahanan Negara Kelas II Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Di hadapan para penghuni Rumah Tahanan (Rutan) di Baturaja, Rabu, Zulkipli mengingatkan bahwa tingkatkan iman dan tidak ada cara lain selain harus menghindar dari urusan-urusan yang menjadi penyebab sampai berada di sini.

Menurut dia, hikmah yang dapat diambil adalah hukuman itu bukan hal terburuk dilakukan pemerintah terhadap narapidana (Napi), tapi hukuman adalah untuk menyadarkan mereka bahwa perbuatan itu salah.

"Pesan yang mendasar untuk warga binaan semua adalah agar benar-benar sadar akan perbuatannya dan jangan mengulangi lagi dan kepercayaan diberikan kepada petugas untuk dijaga, sehingga tidak ada hal-hal tidak diinginkan terjadi di sini," ujar Zulkipli.

Selanjutanya dilaksanakan buka puasa bersama dan shalat magrib serta terawih dengan warga binaan dan pegawai serta ibu-ibu Dharma Wanita Rutan Baturaja.

Tak hanya itu, pembacaan Al-Quran oleh santri warga binaan dengan fasih melantunkan ayat-ayat suci Al -Quran.

Kepala Rutan Baturaja Herdianto, mengatakan selama bulan puasa ini para penghuni diisi dengan berbagai kegiatan seperti tadarusan dan shalat berjemaah di masjid At-Taubah.

Menanti azan magrib untuk berbuka puasa, sebelumnya mendengarkan ceramah agama (tausiyah) oleh ustad Zulfan Faron.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Cabang Rumah Tahanan Negara Martapura Royhan, Kepala Cabang Rumah Tahanan Negara Muara Dua, Jumadi dan Kepala Rupbasan Baturaja Mardan.

Saat bersamaan dari Divisi Administrasi, Kepala Bagian Penyusunan dan pelaporan Gunawan, Kepala Sub Bagian Penyusunan Pelaporan, Humas dan TI, Asnedi berserta Tim melakukan monitoring dan evaluasi dari Rutan Prabumulih, Rutan Baturaja , Cabang Rutan Martapura dan Cabang Rutan Muara Dua terkait laporan target kinerja B06 tahun 2017 seperti Capture email dinas para pejabat UPT, laporan gratifikasi, laporan LAKIP semester satu dan laporan SPIP.