Jalan desa Tapian dolok Simalungun perlu aspal

id jalan desa, pengaspalan, perbaikan jalan, Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara

Jalan desa Tapian dolok Simalungun perlu aspal

Iluatrasi. (Antarasumsel.com/Evan)

Simalungun (Antarasumsel.com) - Sebagian akses jalan di daerah perdesaan wilayah Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, memerlukan pengerasan berbahan aspal atau hotmix.

Seorang tokoh masyarakat setempat, Rahmat (62), Minggu, mengatakan, masih banyak jalan yang belum di aspal, terutama jalan milik perkebunan, berupa tanah dengan sisipan bebatuan.

Sedangkan sebagain besar desa atau perkampungan rakyat di Kecamatan Tapian Dolok berada di perbatasan areal perkebunan swasta, dan akses keluar masuk, melalui jalan kebun tersebut.

Menurutnya, dengan kondisi itu, Pemerintah tidak bisa serta merta melakukan perbaikan jalan kebun, karena bukan merupakan wewenang dari Pemerintah.

"Makanya diperlukan koordinasi dan kerja sama antara pemerintah daerah dengan pihak perkebunan untuk membenahi jalan-jalan tersebut supaya tidak menyulitkan masyarakat," kata Rahmat.

Pangulu (Kepala Desa) Nagori Nagar Usang, Kecamatan Tapian Dolok, Benton Damanik mengatakan, letak Desa Nagar Usang dari jalan lintas provinsi berjarak kira-kira 12 kilometer.

Sejauh kira-kira 10 kilometer merupakan jalan kebun PT Bridgestone Sumatera Rubber Estate, selebihnya jalan umum desa, sehingga pemerintah desa tidak memiliki wewenang melakukan perbaikan.

"Anggaran dana desa dari Pemerintah Pusat, kita pergunakan untuk perbaikan infrastruktur, termasuk akses jalan perkampungan," kata Benton.

Sementara warga desa setempat mengaku kesulitan saat mengangkut hasil bumi berupa sawit saat musim penghujan, karena jalan tanah menjadi berlumpur.