Pemprov Sumsel dukung gerakan masyarakat hidup sehat

id Joko Imam Sentosa, hidup sehat, kualitas sumber daya manusia, pola makan

Pemprov Sumsel dukung gerakan masyarakat hidup sehat

Joko Imam Sentosa (Antarasumsel.com/Evan/Ag/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendukung sepenuhnya gerakan masyarakat hidup sehat karena dengan kehidupan yang baik maka kualitas sumber daya manusia akan semakin meningkat.

Bahkan dalam mendukung pola hidup sehat itu berbagai sarana terus disiapkan sehingga kehidupan akan semakin baik, kata Pelaksana Tugas Sekda Sumsel Joko Imam Sentosa di Palembang, Sabtu.

Memang, lanjut dia, hidup sehat harus dimulai dengan kebersihan seperti lingkungan termasuk pola makan.

Dia mengatakan, sekarang ini telah terjadi pergeseran penyakit di masyarakat dari yang menular seperti tuberkulosis, diare dan lainnya sekitar tahun 1990.

Dia mengatakan, sementara penyakit tidak menular seperti stroke, hipertensi, kencing manis dan lainnya mulai banyak terkena pada masyarakat sekitar 2001 dan semakin meningkat di tahun 2015.

Pergeseran penyakit tersebut antara lain disebabkan perubahan prilaku atau pola hidup masyarakat yang tidak sehat, ujar dia,

Selain itu juga seiring dengan kemajuan Iptek dan bila tidak disikapi dengan bijak akan memperparah pola hidup masyarakat yang tidak sehat, kata Sekda.

Jadi upaya yang harus dilakukan pemerintah melakukan gerakan hidup sehat secara maksimal dan terkoordinasi serta terintegrasi dengan melibatkan semua pihak termasuk masyarakat, ujar dia.

Karena itu Pemerintah Provinsi Sumsel terus melaksanakan sosialisasi mengenai gerakan masyarakat hidup sehat.

Dengan disosialisasikanya gerakan masyarakat hidup sehat yang lebih bersinergi diharapkan masyarakat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.