Sato menjadi pebalap Jepang pertama yang menangi INDY 500

id Takuma Sato, IndyCar, Castroneves, balap mobil, McLaren Formula 1nya, Juara Formula 1

Sato menjadi pebalap Jepang pertama yang menangi INDY 500

Takuma Sato (Antarasumsel.com/Reuters)

Indianapolis (Antara/Reuters) - Takuma Sato mampu mengatasi adangan dari Helio Castroneves untuk menjadi pebalap Jepang pertama yang memenangi Indianapolis 500 pada Minggu, sedangkan petualangan Fernando Alonso di ajang Indy berakhir dengan rasa frustrasi.

Sato, yang memasuki balapan dengan satu kemenangan di IndyCar pada resumenya, mengklaim hadiah terbesar di olahraga ini dan pada prosesnya menggagalkan Castroneves menyamai rekor memenangi Indy 500 untuk keempat kalinya dan satu tempat di klub paling eksklusif di Brickyard.  
Juara Formula 1 dua kali Alonso, yang melewatkan Grand Prix Monaco untuk melakukan debut IndyCarnya, memimpin pada27 putaran dan terlihat siap untuk mengukir kisah dongengnya sampai ia mengalami nasib serupa ketika mesin Hondanya rusak saat balapan tinggal menyisakan 21 putaran lagi.

Ini merupakan kasus "deja vu" bagi pebalap Spanyol itu, yang salah satu alasannya masuk ke Indy 500 adalah untuk melarikan diri dari masalah-masalah mesin yang menghantam tim McLaren Formula 1nya.(H-RF)