Tari Parang barong bojonegoro

id Tari Parang Barong, Regy Amadhona Prastika, Festival Karya Tari Nusantara

Tari Parang barong bojonegoro

Gladi bersih Tari Parang Barong di panggung Wisata Bintang Kelap-Kelip di Stadion Letjen H. Soedirman Bojonegoro, Sabtu (13/5). (Ist/Slamet Agus Sudarmojo)

Bojonegoro (Antarasumsel.com) - Tari Parang Barong karya koreografer Regy Amadhona Prastika yang meraih penyaji dan penata tari terbaik dalam Festival Karya Tari se-Jawa Timur, berpeluang mengikuti ajang Festival Karya Tari Nusantara di Jakarta, Oktober mendatang.

Kasi Budaya dan Kesenian Disbudpar Bojonegoro Yanto Munyuk, di Bojonegoro, Minggu,  menjelaskan Tari Parang Barong meraih penyaji dan penata tari terbaik dalam Festival Karya Tari se-Jawa Timur, di Surabaya pada 18-21 Mei 2017.

Dengan perolehan penghargaan itu, kata dia, Dinas Pariwisata Jawa Timur, sudah memberikan sinyal bahwa Tari Parang Barong yang  mengadopsi ceritera Ki Andong Sari maju mewakili Jawa Timur di ajang festival Karya Tari Nusantara di Jakarta.

"Ketika kami di Surabaya, setelah Tari Parang Barong meraih penyaji dan penata tari terbaik oleh pihak Dinas Pariwisata Jatim sudah diminta bersiap-siap untuk mewakili Jawa Timur," katanya.

Di ajang Festival Karya Tari se-Jawa Timur itu, kata dia,  masih ada dua tari lagi yang menyabet penjaji dan penata tari terbaik yaitu Tari Ombyak Trimurti karya Fahmida dan Nihaya asal Ponorogo, dan Tari Omprog Trimurti karya Subari Sofyan asal Banyuwangi.

"Kami masih belum tahu langkah selanjutnya untuk persiapan di ajang Festival Karya Tari Nusantara di Jakarta," ucapnya.

Yang jelas, menurut dia, di ajang Festival Karya Tari Nusantara di Jakarta bisa saja para penarinya tetap memanfaatkan sembilan penari yang tampil di Jawa Timur.

"Tapi bisa juga penarinya diganti dan disesuaikan," ucapnya.

Ia memberikan gambaran Tari Kahyangan Api karya koreografer Deny Ike Kirmayanti yang pernah mewakili Jawa Timur di ajang Festival Karya Tari Nusantara di Jakarta, pada 2015 juga ada perubahan penari.

Di ajang itu Tari Kahyangan Api mampu meraih juara dan memboyong piala bergilir Presiden  RI dalam Parade Tari Nusantara ke-34 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pada 22 Agustus 2015.

"Penari asli hanya tersisa tiga orang, karena lainnya memanfaatkan penari dari Surabaya," ucapnya.

Tari Parang Barong mengadopsi kisah sejarah Ki Andong Sari di Kelurahan Ledokkulon, Kecamatan Kota.

Di dalam kisah Ki Andong Sari dan Nyi Sari (istrinya), sebagai keturunan keraton, menetap di Kelurahan Ledokkulon, Kecamatan Kota, karena sedang menyamar.

Kepada istrinya Ki Andong Sari berpesan jangan mengenakan jarit dengan motif Parang Barong, tetapi kemudian larangan itu dilanggar Nyi Sari yang nekad mengenakan jarit motif itu.

"Nyi Sari sengaja melanggar larangan itu karena ingin tahu penyebab tidak diperbolehkan mengenakan kain motif Parang Barong," katanya.