Tim Piala Sudirman Indonesia pulang Sabtu pagi

id Susy Susanti, Gold Coast, Australia, bulutangkis, badminton, turnamen bulu tangkis, piala sudirman, pulang dari australia, kejuaraan dunia

Tim Piala Sudirman Indonesia pulang Sabtu pagi

Manajer Tim Piala Sudirman Susy Susanti. (ANTARA/Rosa Panggabean)

Gold Coast, Australia (Antarasumsel.com) - Tim Indonesia yang berlaga di Piala Sudirman 2017, akan pulang ke Tanah Air pada Sabtu pagi (27/5) dari bandara Brisbane, Australia.

"Iya Sabtu mau pulang, malam ini kami sedang beres-beres," kata Kapten tim Muhammad Ahsan dalam pesan singkatnya di Gold Coast, Ausralia, Jumat.

Ketua kontingen tim Indonesia Achmad Budiharto mengatakan sengaja memajukan jadwal kepulangan tim ke Indonesia lebih cepat karena sudah tidak ada lagi yang dilakukan di Gold Coast menyusul gagalnya Merah Putih lolos dari fase grup.

"Kami balik ke Indonesia untuk latihan lagi," kata Achmad.

Achmad tidak ingin tim lantas terpaku dan hancur karena kegagalan tersebut, pasalnya masih banyak turnamen besar yang harus diraih dan sudah di depan mata.

"Piala Sudirman hanya salah satu event. Banyak event lagi yang harus dimenangkan," tuturnya.

Akan tetapi, Achmad menerangkan tidak akan ada evaluasi besar-besaran pasalnya dia menilai performa tim Indonesia secara keseluruhan tidak jelek, walau tetap harus ada evaluasi mengingat hasil yang didapat tim Piala Sudirman Indonesia.

        "Ada pemain yang bagus, ada yang levelnya menurun. Jadi evaluasi tetap kami lakukan di akhir tahun nanti. Jadi evaluasi tidak hanya berdasarkan satu kejuaraan, harus dijalani terlebih dahulu untuk menyimpulkan bahwa bulu tangkis Indonesia benar-benar menurun. Untuk sekarang kami upayakan kerja keras, pelatih dan pemain harus bersinergi untuk memperoleh prestasi," ucapnya.

        Achmad juga mewakili tim meminta maaf atas kegagalan di Piala Sudirman, dia berharap rakyat Indonesia tetap memberi suport yang maksimal untuk pebulutangkis nasional.

''Dukungan dan doa tetap kami butuhkan demi yakin akan mendapat prestasi yang lebih besar lagi,'' tuturnya.

    
        Tetap Jaga Kondisi
Walau sudah tersingkir sejak fase grup, sejak pertandingan terakhir Indonesia di Piala Sudirman 2017, Rabu (24/5), seluruh tim tetap melakukan kegiatan latihan di sisa waktu mereka berada di Gold Coast, Australia ini.

Setiap pagi tim melakukan olahraga ringan di pantai yang menghadap ke Samudra Pasifik itu sekaligus untuk refreshing dan berlatih teknik di lapangan latihan turnamen.

"Kita melakukan latihan ringan saja di sisa waktu ini, seperti bermain bola untuk memperkuat fisik terutama kekuatan kaki dan kelincahan," kata Pelatih Tunggal Putri Minarti Timur.

Sementara Pelatih Ganda Putra Herry Iman Pierngadi menyebutkan berbagai kegiatan tersebut sendiri, untuk mempersiapkan pemain-pemain Indonesia untuk berlaga di turnamen berikutnya.

"Walau turnamen bagi kami sudah selesai, latihan tetap harus jalan terus, jangan sampai istirahat total terlebih sebentar lagi akan ada Indonesia Terbuka," kata Herry.

Mengenai kans Indonesia dalam turnamen itu sendiri dengan melihat performa Indonesia di Piala Sudirman, Herry menegaskan Indonesia harus bisa lebih baik dari negara lain.

"Untuk kans mungkin 50:50, tapi sebagai tuan rumah kita harus lebih baik dari negara lain, khususnya ganda putra," ujar Herry menambahkan.