Mendagri: Kita lawan teror dan radikalisme

id Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, elemen bangsa, radikalisme, terorisme, NKRI

Mendagri: Kita lawan teror dan radikalisme

Mendagri Tjahjo Kumolo . (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengajak seluruh elemen bangsa bersatu meningkatkan deteksi dini dan melawan terorisme serta radikalisme dalam bentuk apapun.

"Mari kita lawan radikalisme dan terorisme di NKRI, seluruh masyarakat, elemen bangsa harus bersatu untuk melawan radikalisme  terorisme dalam bentuk apapun juga. Indonesia tidak boleh kalah terhadap radikalisme dan terorisme," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis kepada wartawan, di Jakarta, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan Tjahjo  berkaitan ledakan yang diduga bom bunuh diri di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5) malam.

Tjahjo mengatakan jajaran Kemendagri menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya tiga anggota Polri yang menjadi bom bunuh diri tersebut.

Kementerian Dalam Negeri optimistis pihak kepolisian akan mampu mengungkap pelaku dan motif atas aksi tersebut.

Sebelumnya terjadi ledakan di dekat Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5) malam. Dikabarkan tiga polisi gugur akibat peristiwa tersebut.

Peristiwa ini menuai kecaman dari berbagai pihak. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar turut mengutuk keras ledakan Kampung Melayu yang melukai belasan orang tak bersalah.

"Saya mengutuk keras perbuatan tidak berprikemanusiaan yang dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Mereka terus merongrong kita, membuat negara ini dalam kondisi tidak kondusif," kata Cak Imin.

Cak Imin berharap pihak kepolisian segera memburu para pelaku. Dia juga mengimbau masyarakat memberikan informasi sekecil apapun kepada pihak kepolisian agar para pelaku dapat ditangkap dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.