Ketua FFI bangga atas prestasi Timnas U-20

id Hary Tanoesoedibjo, Federasi Futsal Indonesia, timnas U-20, Thailand, MNC Tower, futsal

Ketua FFI bangga atas prestasi Timnas U-20

Ilustrasi Peserta mengikuti seleksi Timnas Futsal Indonesia U-20 di Gor Amongraga, Yogyakarta, Selasa (28/2/2017). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Ketua Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo merasa bangga atas prestasi tim nasional futsal putra U-20 di Kejuaraan Futsal U-20 Asia yang berhasil mencapai babak perempat final sebelum kalah dari tuan rumah Thailand.

"Tidak usah berkecil hati dan harus bersyukur bisa bertanding di perempat final. Lagipula kita berhasil memuncaki Grup B, melangkahi tim kuat Jepang," ujar Hary, akrab disapa HT, ketika menerima timnas U-20 yang baru tiba dari Thailand, di MNC Tower, Jakarta, Selasa.

Dia melanjutkan, saat ini yang penting adalah bagaimana mengevaluasi penampilan skuat secara keseluruhan agar bisa meraih hasil yang lebih baik ke depan.

Salah satu yang menjadi perhatian HT adalah uji coba internasional.

Ke depan, dirinya ingin tim nasional, baik usia muda maupun senior, bisa lebih sering mengikuti laga-laga persahabatan dengan timnas negara lain agar semakin percaya diri di kompetisi-kompetisi tingkat regional maupun dunia.

"Kami akan segera membahasnya di federasi. Termasuk bagaimana kelanjutan timnas U-20 ini selanjutnya," tutur dia.

Pencapaian tim nasional U-20 Indonesia di Kejuaraan Futsal U-20 Asia memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Walau "hanya" mencapai perempat final, anak-anak asuh Yori van der Torren itu bisa menjadi yang terbaik di Grup B.

Dalam perjalanan di babak grup, Indonesia berhasil menang dari Tajikistan dan Taiwan, lalu seri dengan Vietnam dan tim kuat Jepang.

"Ini pertama kalinya Indonesia berhasil lolos dari babak grup kejuaraan futsal tingkat Asia. Hasil itu sangat bagus dan saya sangat bangga dengan para pemain," kata pelatih Yori van der Torren.

Namun, Yori berharap, prestasi ini tidak menyilaukan mata dan membuat semua pihak puas. Jika hal itu terjadi, Indonesia bisa kehilangan generasi penerus futsal untuk tim nasional senior.

Sebab menurutnya, para pemain timnas U-20 memiliki kualitas dan potensi besar untuk berprestasi tinggi di kemudian hari.

"Saya ingin melihat banyak pemain dari skuat ini masuk timnas senior agar mereka punya pengalaman baru dengan bermain di level lebih baik dari sebelumnya," ujar Yori.