Latihan Jalak Sakti 2017 singgahi Lanud Palembang

id latihan, latihan tni au

Latihan Jalak Sakti 2017 singgahi Lanud Palembang

Latihan Jalak Sakti 2017 TNI-AU (Antarasumsel.com/Susilawati/Feny Selly/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Ratusan kru yang mengikuti Latihan Jalak Sakti 2017 menyinggahi Lapangan Udara Sri Mulyono Herlambang Palembang Sumatera Selatan, Senin.

"Lapangan Udara Sri Mulyono Herlambang (Lanud SMH) merupakan Pangkalan Operasi tempat mempersiapkan pesawat tempur yang akan menjalani latihan," kata Komandan Skadron 12 Pekanbaru, Letkol Pnb Adhi S Akbar di sela waktu luangnya di baseops Lanud SMH Palembang.

Dijelaskan Adhi S Akbar, latihan Jalak Sakti tahun ini merupakan latihan antar satuan Koops-AU 1.

"Ada dua Skadron yang menjadikan Lanud SMH sebagai Pangkalan Operasi kali ini yaitu Skadron 12 Lanud Rusmin Nurjadin Pekanbaru dan Skadron 1 Pontianak Lanud Supadio," katanya.

Dijelaskannya, latihan Jalak Sakti ini dijalani oleh satuan tempur yang dibawahi oleh Koops-AU I dengan Pangkalan Udara Bun Yamin Lampung sebagai tuan rumahnya.

"Jka tahun lalu latihan dipusatkan di Tanjung Pandan Kepri, maka tahun ini Tulang Bawang Lampung dipilih sebagai lokasi pusat latihan," kata dia.

Latihan dilaksanakan satuan Koops-AU I mulai dari 22 - 24 Mei 2017.

Sementara, Komandan Skadron 12 Adhi S Akbar dan Komandan Skadron 1 Letkol Pnb Agung Indra Jaya mengakui cuaca dalam latihan kali ini cukup normal dan tidak terlalu signifikan.

Sebanyak 12 unit pesawat tempur F16 masing-masing enam pesawat milik Skadron 1 dan lima pesawat milik Skadron 12 singgah di Lanud SMH sebagai Pangkalan Operasi untuk persiapan pesawat pada tiap tahapan latihan.

"Di sini bisa dibilang pesawat kami melakukan pengecekan dan pengisian bahan bakar, sekaligus tempa istirahat untuk seluruh kru," ujarnya.