Dharmasanti Wasiak perkuat kebhinekaan dalam kebersamaan

id Vihara, umat Budhis, Dharmasanti Waisak, Memahami Kebhinekaan, Franky Sibal

Dharmasanti Wasiak perkuat kebhinekaan dalam kebersamaan

Ribuan Umat Buddha ,biasa dikenal dengan detik-detik Waisak . (Antarasumsel.com/Feny)

Bogor (Antarasumsle.com) - Perhimpunan pengurus Vihara se-Jawa Barat menggelar peringatan Dharmasanti Waisak 2017 di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu, yang mengangkat tema "Memahami Kebhinekaan dalam Kebersamaan".

"Melalui perayaan Waisak ini umat Budhis diingatkan kembali akan perjalanan Sidharta Gautama dalam mencari pencerahan," kata  wakil Yayasan Vihara Dhanagun sekaligus Panitia Dharmasanti Waisak 2017 Vihara Se-Jawa Barat, Franky Sibal.

Franky menyebutkan, umat Budhis di wilayah Jawa Barat harus mengambil peran dalam menjaga Kebhinekaan dengan saling  menghormati antar umat beragama lainnya.

"Berperan di masyarakat, menjaga toleransi dan saling menghormati antar umat beragama, ini pesan dari Sidartha Gautama," katanya.

Menurut Franky, keberadaan umat Budhis d Kota Bogor khususnya sangat diakui dan saling bertoleransi dengan umat beragama lainnya. Terbukti dalam setiap perayaan keagamaan umat Budha, selalu bekerjasama dengan umat beragama lainnya.

Dalam bertoleransi, umat Budha pun selalu menyelenggarakan kegiatan sosial yang melibatkan umat beragama lainnya, seperti pengobatan gratis maupun penyaluran bantuan bagi masyarakat tidak mampu.

"Bogor sudah sangat toleran, ini perlu kita jaga bersama-sama agar Indonesia selalu aman dan sejahtera," katanya.

Sementara itu, pengurus Badan Sosial Lintas Agama (Basolia) Kota Bogor, Arifin Himawan menyebutkan, kebhinekaan harus dijaga oleh semua masyarakat lintas agama agar kerukunan antar umat beragama dapat tercipta.

"Pada peringatan Dharmasanti Waisak inipun tokoh lintas agama hadir bersama-sama ini menunjukkan tolerasi antar umat di Bogor masih terjaga," katanya.

Sementara itu, panitia pelaksana Dharmasanti Waisak 2017, Wiliam mengatakan, Dharmawati Waisak dihadiri pimpinan vihara di seluruh wilayah Jawa Barat dan juga perwakilan dari Pemerintah Kota Bogor.

"Dharmasanti Waisak bertujuan untuk mengajak semua pengurus Vihara Se-Jawa Barat untuk mempererat persaudaraan," kata William.