Ratusan warga Bandung hadiri acara makan gratis

id Bandung, hadiri acara, makan gratis, Gedung Sate, Kota Bandung, masyarakat Sunda, Netty Prasetiyani

Bandung (Antarasumsel.com) - Ratusan masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya hadiri acara makan gratis yang bertajuk "Balakecrakan" atau makan bersama di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu sore.

Acara yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini, merumpakan kegiatan yang menjadi tradisi masyarakat Sunda jelang memasuki bulan Puasa yang biasa disebut "Munggahan" atau makan bersama.

Dalam acara kali ini disiapkan berbagai menu makanan khas Sunda seperti ayam goreng, tahu, tempe, pepes tahu, ikan asin, jengkol, serta kerupuk dengan alas daun pisang sebagai piringnya.

Acara yang dimulai pukul 16.00 WIB dibuka oleh Istri Gubernur Jawa Barat, Netty Prasetiyani serta diawali dengan tausiyah dari Ustad Ahmad Khumaedi dan suguhan musik dari Kuburan Band.

Nampak, ratusan keluarga beserta pasangan muda-mudi berduyun-duyun mendatangi lokasi untuk berbaur dengan pejabat di pemerintahan Jawa Barat. Beberapa area di Gedung Sate pun dijadikan tempat untuk berfoto ria dengan keluarga.

Seorang warga Cirebon, Rahmat Hendro (43), datang bersama istri dan ketiga anaknya ikut serta dalam "ritual" munggahan dan berbaur bersama warga lainnya. Ia mengaku tahu acara ini saat tengah berlibur di Bandung.

"Lihat info di Instagram ada acara Balakecrakan ini. Jadi saya sama keluarga penasaran ingin ikut," kata dia saat ditemui di lokasi, Minggu.

Menurut pria yang belum pernah sekalipun masuk ke halaman kantor Gubernur Jabar ini, mengatakan dengan adanya acara ini, dapat menjadi penyemangat saat menjalani ibadah puasa yang tinggal menghitung hari. Foto
"Sekalian pengen tahu juga gimana Gedung Sate itu. Biasanya tahu lewat TV," kata dia.

Senada dengan Rahmat, Egga Heryani (22), mahasiswi di salahsatu perguruan tinggi swasta di Kota Bandung ini tak ingin melewatkan acara makan bersama dengan masyarakat Kota Bandung.

Menurutnya, selain bisa makan gratis, juga dapat berbaur melihat langsung Gedung Sate. Selain itu, ia pun memiliki kesempatan untuk berfoto ria bersama tiga orang temannya.

"Selain makan, kan lumatan buat foto-foto. Gedung Sate itu cocok buat foto-foto, terus posting di instagram," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Publikasi, Peliputan dan Dokumentasi Setda Jabar, Ade Sukalsah mengatakan terselenggaranya acara ini atas beragam masukan dari masyarakat terkait suksesnya menyelenggarakan ngopi gratis akhir pekan lalu.

"Mereka sambil bercanda usul ke saya 'Kang, adakan juga acara botram (makan bersama). Mereka usul ada gerakan mamah nyangu'," kata dia.

Ia menambahkan, tujuan lain dari kegiatan ini untuk mendekatkan diri antara masyarakat dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Jadi kita warga akan makan bersama. Kita gelar karpet kemudian nasi liwetnya kita hidangkan di atas daun pisang," kata Ade.