Kemenhub siap angkut 58.410 pemudik jalan raya

id pemudik, hari raya, kemenhub, mudik gratis, idul fitri

Kemenhub siap angkut 58.410 pemudik jalan raya

Ilustrasi Pemudik yang menggunakan kereta api. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI siap mengangkut 58.410 pemudik yang terdiri dari 3.510 sepeda motor dan 54.900 penumpang angkutan darat lain pada program mudik gratis Idul Fitri 2017.

"Kita berupaya meningkatkan keselamatan dengan cara menekan jumlah kecelakaan di jalan raya," kata Direktur Angkutan dan Multi Moda Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Cucu Mulyana melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Cucu mengatakan melalui program mudik gratis itu pemerintah berusaha melayani masyarakat dan mengendalikan jumlah kendaraan saat musim mudik lebaran.

Cucu menyatakan Kemenhub RI menjalankan strategi program mudik gratis agar jumlah kecelakaan sepeda motor berkurang.

Program mudik gratis Perhubungan Darat terdiri dari pengangkutan sepeda motor dan penumpang menggunakan bus dan pengangkutan sepeda motor dan penumpang menggunakan kapal penyeberangan.

Dikatakan Cucu, Ditjen Perhubungan Darat akan mengangkut 3.510 sepeda motor menggunakan 77 truk dan 54.900 penumpang menumpang 1.220 bus, kemudian untuk moda penyeberangan dilayani dua kapal ferry berbobot 5.000 GT tujuan Lampung dan Semarang Jawa Tengah.

"Jumlah sepeda motor yang akan diangkut oleh dua kapal ferry tersebut 5.000 dan 10.000 penumpang," tutur Cucu.

Program mudik gratis itu melayani 30 kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta antara lin Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri dan Yogyakarta.

Sedangkan kota asal arus balik terdiri dari delapan kota yaitu Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Cirebon, Kudus, Semarang, Solo dan Yogyakarta, serta tujuan moda penyeberangan akan melayani Semarang dan Lampung.

Masyarakat yang menggunakan moda jalan raya dapat mendaftarkan diri secara online dan offline mulai 18 Mei hingga 16 Juni 2017 melalui laman "www.mudikgratis.dephub.go.id" dan pendaftaran offline di GOR Bulungan Blok M Jakarta Selatan, Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Tangerang Kota, Kantor Dishub Tangerang.

Kemudian untuk pendaftaran yang menggunakan kapal penyeberangan melalui pendaftaran online dan mendatangi kantor pusat PT ASDP Indonesia Ferry.