Sriwijaya Biru Palembang Juara Kejurnas Sofbol Putra Antarklub 2017

id sofbol, bisbol

Sriwijaya Biru Palembang Juara Kejurnas Sofbol Putra Antarklub 2017

Para pemenang Kejurnas Sofbol Putra Antarklub 2017 di Arena Sofbol Bisbol Jakabaring Sport City, Palembang, mengangkat tropi setelah upacara penghormatan pada pemenang, Sabtu (20/5). Sriwijaya Biru Palembang berhasil menjadi pemenang setelah pada fin

Palembang (Antarasumsel.com) - Tim Sriwijaya Biru Palembang menjadi juara pada Kejurnas Sofbol Putra Antarklub di Palembang, 14-20 Mei 2017, setelah pada partai final mengalahkan Bumi Asri Bandung dengan skor 3-1 di Arena Bisbol Sofbol Jakabaring, Palembang, Sabtu.

Sedangkan tempat ketiga ditempati, Tim Mahakam Samarinda, dan tempat keempat diraih Tim Hang Tuah Riau. Sementara dua tim terbawah yakni Sriwijaya Merah Palembang dan Unimeet Medan.

Keberhasilan tim tuan rumah ini tak lain berkat kualitas dan kekuatan tim yang merata. Tim ini memiliki tujuh pemain berlabel nasional, di antaranya, Teuku Ridwan, Muhammad Akbar, Roy Umbasan, Chindu Patria Yudharama, dan Didik Fauzi Demawan.

Atas keberhasilan tersebut, beberapa anggota tim diperkirakan akan menjadi skuad Tim Nasional di ajang Kejuaraan Dunia di Canada, Juli 2017.

Berdasarkan performa atlet di kejuaraan ini, tim pencari bakat memilih beberapa atlet terbaik yakni kategori The Best Picther Emil Muhammad Iksan (Sriwijaya Biru), The Best Hitter Hermansyah (Sriwijaya Biru), The Best Slungger Didik Fauzi Dermawan (Sriwijaya Biru), The Most RBI Didik Fauzi Dermawan (Sriwijaya Biru), MVP Player Emil Muhammad Ikhsan (Sriwijaya Biru).

Sementara untuk kategori allstar, Teuku Ridwan-pitcher (Sriwijaya Biru), Donny Trisnadi-catcher (Sriwijaya Biru), Nur M Ramadhan-first base (Hang Tuah Riau), Rizky Syani Ardhan-second base (Sriwijaya Biru), Didik Fauzi Dermawan-third base (Sriwijaya Biru), RM Wicky-short stop (Bumi Asri), Ahqsan Rizky Fauzi-left field (Mahakam), Decky Ahdiansyah-center field (Bumi Asri), dan Gatra Sukma Cipta-right field (Hang Tuah).

Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Bisbol dan Sofbol Seluruh Indonesia Sumatera Selatan Asril Sadikin Satar mengatakan, hasil pada kejuaraan ini akan dilaporkan ke Pengurus Besar Perbassasi untuk dijadikan referensi dalam membentuk skuad Timnas pada Kejuaraan Dunia 2017.

"Dengan keberhasilan tim Sriwijaya Biru ini, tentunya Sumsel berharap sejumlah atlet akan masuk timnas," kata Asril.

Untuk meningkatkan prestasi ini, Perbassasi Sumsel akan menjalankan pemusatan latihan di dua tempat yakni Palembang dan Jakarta untuk persiapan jangka panjang menuju PON Papua tahun 2020. Latihan di Palembang akan dipimpin dua mantan atlet nasional yakni Ghofur dan Umbasan.

Begitu pula latihan rutin di Jakarta bagi atlet yang berdomisili di sana, karena Perbassasi Sumsel telah menyewa arena sofbol dan bisbol.

"Bukan hanya prestasi, Sumsel juga akan fokus dalam penyelenggaraan sejumlah kejuaraan skala nasional dan internasional yakni Liga Mahasiswa Nasional pada Agustus 2017, Menpora Cup pada Oktober 2017, dam ASEAN Man Sofball Champhionship pada Januari 2018. Harapannya, dengan menjadi tuan rumah ini, prestasi daerah turut terangkat," kata dia.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Perbassasi (demisoner) Billy Asmoro mengatakan PB telah mengagendakan keikutsertaan timnas ke Kejuaraan Dunia di Canada pada Juli mendatang.

Keikutansertaan ini dilatari keinginan untuk memperbaiki peringkat dunia karena sementara ini masih di urutan 20.

"Indonesia pada tahun lalu absen meski mendapatkan tiket. Tahun ini sudah diagendakan ikut serta, tapi kepastian tentunya ada di tangan pengurus baru," kata Billy.