Jumat, 18 Agustus 2017

DPRD peringati Hari Jadi Ke-71 Provinsi Sumsel

id dprd, dprd sumsel
DPRD peringati Hari Jadi Ke-71 Provinsi Sumsel
DPRD Sumatera Selatan gelar rapat paripurna istimewa IX peringati hari jadi Provonsi Sumatera Selatan di Gedung DPRD Sumsel, Palembang, Rabu(18/5) (Antarasumsel.com/Ist/adv)
....Hari jadi Sumsel, tidak akan pernah lepas dari sejarah panjang sudah melekat dengan kebesaran Kerajaan Sriwijaya yang telah membanggakan di lingkup lokal, nasional dan internasional....
Palembang (Antarasumsel.com) - DPRD Sumatera Selatan menggelar rapat paripurna istimewa XIII untuk memperingati hari jadi ke-71 Provinsi Sumsel pada tahun 2017.
    
Rapat paripurna istimewa XIII memperingati hari jadi ke-71 Provinsi Sumsel itu dipimpin oleh Ketua DPRD Sumatera Selatan, HM Giri Ramanda N Kiemas yang didampingi Wakil Ketua DPRD, Nopran Marjani, M Yansuri dan Chairul S Matdiah serta dihadiri Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki di Palembang, Jumat.

Menurut HM Giri Ramanda N Kiemas, hari jadi Sumsel ke-71 peringatan kesebelas seyogyanya jatuh pada Senin (15/5) dan diperingati pada hari ini (Jumat, 19/5).

Ia mengatakan, pada peringatan hari jadi tahun 2017 ini mengambil tema "dengan semangat hari jadi provinsi Sumsel ke-71, mari kita wujudkan Sumatera Selatan sejahtera, lebih maju dan berdaya saing internasional sebagai tuan rumah penyelenggara Asian Games XVIII".

"Momentum hari jadi ke-71 provinsi Sumsel ini hendaknya kita jadikan sebagai wahana reflektif untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang telah kita laksanakan dalam berkontribusi memberikan warna dan makna bagi perjalanan sejarah provinsi Sumsel," katanya.

"Pada momentum ini kita juga dituntut untuk mengasah kepekaan dan kejelian serta kemampuan membaca persoalan-persoalan strategis yang tengah dialami oleh daerah kita kini dan masa depan untuk kemudian kita jadikan agenda penting dalam mewujudkan masa depan Sumsel yang lebih baik," ujarnya.

Kemudian lanjutnya, momentum hari jadi ini, dijadikan wahana untuk meneguhkan komitmen bersatu padu memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi Sumsel yang sangat kita banggakan ini sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi kita masing-masing.

Provinsi Sumsel saat ini merupakan salah satu provinsi yang terdepan dan diakui oleh dunia internasional, berbagai event internasional telah dan akan dilaksanakan di Sumatera Selatan, salah satu perhelatan besar yang akan dilaksanakan tahun 2018 adalah sebagai tuan rumah pelaksanaan pesta olahraga Asian Games ke-18.

Untuk mendukung pelaksanaan event tersebut pemprov Sumsel telah membangun berbagai infrastruktur baik didanai oleh APBN maupun APBD provinsi Sumsel.

Pembangunan yang dilaksanakan Pemprov Sumsel saat ini sejalan dengan rencana kerja pemerintah tahun 2017 yang terkait langsung dengan strategi pembangunan yang telah digariskan dalam RPJMN 2015-2019 dalam upaya melaksanakan agenda pembangunan nasional untuk mewujudkan nawacita, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mengajak seluruh masyarakat Sumsel untuk menggelorakan kembali semangat kejayaan Sriwijaya dalam setiap pemikiran, ucapan dan tindakan untuk menjadikan provinsi ini selalu bergerak progresif menuju masa depan gemilang.

Ia menuturkan, hari jadi Sumsel, tidak akan pernah lepas dari sejarah panjang provinsi Sumsel yang sudah melekat dengan kebesaran Kerajaan Sriwijaya yang telah membanggakan di lingkup lokal, nasional dan internasional.

Kerajaan Sriwijaya memberikan energi tersendiri, membawa Sumatera Selatan terus menjadi provinsi yang maju dan terdepan, seperti tercantum dalam visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah 2005-2025 yaitu Sumatera Selatan unggul dan terdepan 2025.

Ia mengingatkan, ke depan tantangan yang akan dihadapi tidak semakin ringan, apalagi dalam waktu satu tahun ke depan, setidaknya ada tiga hal penting yang akan hadapi yaitu pelaksanaan pilkada serentak sembilan bupati/wali kkota serta pemilihan gubernur, kemudian pelaksanaan Asian Games ke-18 dan tahun 2018 adalah tahun terakhir dari pelaksanaan RPJMD 2013-2018, dimana dibutuhkan komitmen lebih tinggi dan kerja keras semua unsur masyarakat mencapai target-target yang telah ditetapkan.

"Saya mengajak segenap kekuatan pembangunan di Provinsi Sumatera Selatan dari berbagai kalangan baik akademisi, dunia usaha, pemerintahan, legislatif, yudikatif, partai politik, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan lain-lain membulatkan tekad dan semangat, bekerja keras dan berkarya lebih baik, menjaga nilai-nilai kebersamaan dan perdamaian, demi mencapai prestasi terbaik mewujudkan Sumatera Selatan menjadi provinsi yang sejahtera, maju dan berdaya saing internasional," ujarnya.

Pada hari jadi Sumsel itu juga dihadiri para bupati/wali kota di Sumatera Selatan, ketua DPRD kabupaten/kota, para kepala organisasi perangkat daerah serta tokoh masyarakat.(Adv/Susi)

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga