Menpan-RB: Penerimaan CPNS 2018 untuk formasi khusus

id Asman Abnur, Menpan-RB, penerimaan pns 2018, penerimaan pns baru, cpns formasi khusus

Menpan-RB: Penerimaan CPNS 2018 untuk formasi khusus

Asman Abnur (kanan) (ANTARA /Wahyu Putro A)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini untuk formasi khusus.

"Kalau CPNS formasi khusus kami buka pada tahun 2018. Akan tetapi, kalau yang sifatnya administratif, kita masih moratorium," kata Menpan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, hingga kini jumlah abdi negara di bidang administrasi masih mendominasi di Indonesia, yakni sebanyak 62 persen dari total PNS yang ada.

Oleh karena itu, kata Asman, penerimaan CPNS di bidang tersebut masih akan ditahan sampai waktu yang belum ditentukan.      
"Pada tahun 2018, kami fokus pembukaan di bidang kesehatan, pendidikan, dan di beberapa bidang khusus, di antaranya ada petugas imigrasi, penjaga lembaga permasyarakatan, dan hakim," katanya.

Terkait dengan petugas lapas dan hakim, pihaknya belum tahu pasti jumlahnya berapa. Akan tetapi, datanya itu sudah dikaji oleh Kemenkumham dan Mahkamah Agung.

Sebelumnya, moratorium perekrutan CPNS rencananya hingga 2019 karena biaya belanja pegawai dinilai pemerintah membuat APBN dan APBD "membengkak". Selain itu, rekrutmen sebelumnya yang tidak tepat sasaran kebutuhan juga menjadi indikasi moratorium tersebut.