Bulog Sumsel datangkan bawang putih dari Jakarta

id bawang putih, Bulog, Bakhtiar AS, haraga bawang, Agus Yudiantoro

Bulog Sumsel datangkan bawang putih dari Jakarta

Ilustrasi Pekerja mengangkut karung bawang di salah satu agen . (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17) ()

Palembang (Antarasumsel.com) - Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung mendatangkan bawang putih dari Jakarta ke Palembang untuk menstabilkan harga.

"Untuk bawang putih ini begitu kami mendatangkan dari Jakarta 5.000 kilogram ke pasar, harganya cendrung turun," kata Kepala Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Bakhtiar AS di Palembang, Rabu.

Menurut dia, harga bawang putih sama dengan yang Bulog jual di pasar murah sebesar Rp40 ribu per kilogram.

Ia mengatakan bawang putih itu dari Jakarta dan memang ada empat pelabuhan yang salah satunya Jakarta dan dalam hal ini dikoordinir Bulog DKI.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan Agus Yudiantoro mengatakan hanya beberapa komoditas mengalami kenaikan harga seperti bawang putih.

"Saya sudah diskusi dengan Bulog dan ternyata sudah ada stok untuk bawang putih," ujarnya.

Ia mengatakan yang selama ini Bulog tidak ada stok, sekarang sudah ada dan dalam minggu-minggu ke depan harga bawang putih sudah turun, jadi tidak lagi Rp60 ribu per kilogram.

"Langkah yang dilakukan adalah operasi pasar, kami dengan tim Satgas Pangan Polda, Dinas Perdagangan dan Bulog. Tim terpadu akan turun ke pasar berkoordinasi dengan Dinas Pasar di kabupaten/kota," tuturnya.

Sidak di Palembang dilakukan di Pasar Cinde, Pasar KM5, Lemabang dan Pasar 16 Ilir. Untuk bawang putih ini Bulog menjual dengan harga Rp40 ribu per kilogram.

Impor bawang putih ini masuk ke Indnesia melalui empat pelabuhan yaitu Belawan, Tanjung Priok, Surabaya, dan Makassar dan Sumsel bukan tempat pengimpor bawang putih, katanya.