Sriwijaya FC waspadai ketajaman striker `Juku Eja`

id sriwijaya fc

Sriwijaya FC waspadai ketajaman striker `Juku Eja`

Pesepak bola PSM Makassar Reinaldo Elias Da Costa (kedua kanan) berebut bola dengan pejaga gawang Arema FC Kurnia Meiga Hermansyah (kedua kiri) pada laga Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (10/5/2017).

Palembang (Antarasumsel.com) - Pelatih Sriwijaya FC Oswaldo Lessa mewaspadai ketajaman striker tim PSM Makassar (Juku Eja) Reinaldo Elias da Costa yang terbukti telah mengemas empat gol sejak merumput pada kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 2017.

Oswaldo di Palembang, Rabu, mengatakan telah mewanti-wanti gelandang bertahan dan pemain sektor belakang untuk tidak memberikan ruang kepada pemain asal Brazil berpaspor Australia ini pada laga di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (21/5) pukul 16.00 WIB.

"Kami harus waspadai pergerakan striker ini. Jika bola memasuki lini belakang, maka harus langsung diantisipasi dengan cepat," kata Oswaldo.

Reinaldo sejauh ini masuk dalam deretan top skor dengan mengoleksi 4 gol. Pemain kelahiran 13 Juni 1984 ini tampil mencolok pada beberapa laga PSM karena memiliki karakter pemainan yang lugas dan biasanya menjadi target man.

Tak jarang Reinaldo menunjukkan kepiawaiannya melewati barisan pertahanan lawan dengan menggunakan skill ala samba.

Sejak mulai memperkuat skuad Juku Eja pada tahun ini, peran vital Reinaldo dalam tim sudah terlihat bahwa ia berhasil membawa tim ke jajaran persaingan papan atas.

Mumpuninya skill yang dimiliki pemain berusia 32 tahun ini menjadi ancaman tersendiri Yanto Basna dan kawan-kawan, terlebih lagi sektor belakang kini yang menjadi sorotan karena kerap lambat dalam mengantisipasi serangan balik.

Hal ini terlihat jelas pada laga terakhir yakni saat Sriwijaya FC menghadapi Barito Putera di kandang sendiri. Gol berhasil diciptakan dengan cepat yakni pada menit ke-1 tapi dengan begitu mudahnya lawan dapat membalasnya, demikian juga dengan gol kedua.

"Sektor belakang memang harus dibenahi, akan tetapi perlu digarisbawahi bahwa dalam satu tim tidak bisa membenani kesalahan pada satu sektor saja. Semua kalah, dan semua menang," ujar Lessa.

Akan tetapi Oswaldo tetap percaya diri dengan stiker yang dimiliki Sriwijaya FC. Ia memuji Hilton Moreira dan Alberto Beto Goncalves karena Beto juga tercatat sebagai top skor TSC 2016, sedangkan Hilton Moreira saat ini berada di peringkat teratas top skor Liga 1 bersama Reinaldo bersama beberapa stiker lain.

Striker lainnya dari Persipura Jayapura, Boaz Salossa dengan empat gol, dan Peter Ozase Odemwingie, striker tunggal Madura United, yang juga mengemas empat gol.

"Tim baru saja bermain dengan kualitas (saat melawan Barito Putera) dan menang. Ini modal yang sangat baik untuk menghadapi PSM Makassar. Target kami tentunya menang, karena semua laga bagi Sriwijaya adalah final," ujar mantan asisten pelatih Jacksen F Tiago ini.

Klasemen sementara Go-Jek Traveloka Liga 1 menempatkan Sriwijaya FC pada peringkat 5 dengan mengemas 10 poin, sedangkan PSM Makassar berada di puncak klasemen dari 18 kontestan dengan raihan 13 poin.