29 calon Hakim Agung lolos seleksi kualitas

id Maradaman Harahap, hakim agung, calon hakim, Komisi Yudisial, Tata Usaha Negara

29 calon Hakim Agung lolos  seleksi kualitas

Maradaman Harahap (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Komisi Yudisial (KY) secara resmi meluluskan 29 calon hakim agung (CHA) dari 82 peserta seleksi kualitas CHA Tahun 2017.

"Kelulusan seleksi kualitas ini ditetapkan dalam Rapat Pleno Komisi Yudisial CHA hari Senin (15/5) ini," kata Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Maradaman Harahap di Gedung KY Jakarta, Senin.

Maradaman memaparkan CHA yang lolos ini terdiri dari 20 orang dari jalur karier dan sembilan orang dari jalur nonkarier.

Sementara berdasarkan kamar yang dipilih, sebanyak 10 orang lolos seleksi kualitas di kamar Perdata, enam orang lolos seleksi kualitas di kamar Pidana, dua orang lolos seleksi kualitas di kamar Tata Usaha Negara, sembilan orang lolos seleksi kualitas di kamar Agama, dan dua orang lolos seleksi kualitas di Militer.

"Dari 29 CHA, 20 di antaranya berprofesi sebagai hakim karier, ada lima akademisi, seorang advokat, dan tiga profesi lainnya," kata Maradaman.

Sementara berdasarkan kategori jenis kelamin, CHA tersebut terdiri dari dua orang perempuan dan 27 orang laki-laki.

Lebih lanjut Maradaman mengatakan dalam melakukan penilaian seleksi kualitas, KY dengan tim teknis menggunakan instrumen meliputi pembuatan karya tulis di tempat.

Seleksi ini untuk mengisi kekosongan enam jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA) yang terdiri dari: satu orang kamar pidana, dua orang kamar perdata, satu orang kamar agama, satu orang kamar militer (berasal dari militer), dan satu orang kamar tata usaha negara (yang memiliki keahlian hukum perpajakan).