Legislator berharap perpustakaan Sumsel tersambung dengan Nasional

id MA Gantada, perpustakaan, perpustakaan nasional, Komisi V DPRD

Legislator berharap perpustakaan Sumsel tersambung dengan Nasional

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Palembang (Antarasumsel.com) - Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan MA Gantada berharap perpustakaan provinsi Sumsel bisa tersambung dengan perpustakaan nasional, sehingga bisa diakses masyarakat dari daerah ini.

"Sistem kita tersambung dengan sistem perpustakaan nasional yang digital, mungkin dibantu dengan password," kata Gantada terkait dengan kunjungannya beberapa waktu lalu ke perpustakaan nasional di Palembang, Senin.

Menurut dia, memang untuk buku dengan digital itu masih terbatas, baru beberapa judul buku ilmiah dan yang bisa mengaksesnya juga hanya beberapa puluh orang saja.

"Jadi, tidak bisa sekaligus mengakses buku digital dan memang tidak bisa untuk didownload, kita minta kembangkan itu untuk tersambung ke Sumsel," katanya.

Ia mengatakan, dengan begitu maka orang bisa mencari literatur buku yang ada, mereka bisa duduk di perpustakaan dengan membawa komputer jinjing (leptop) mencari buku ilmiah tersambung dengan jaringan perpustakaan nasional.

Ia menuturkan, kalau Komisi V DPRD Sumsel melakukan kunjungan kerja ke perpustakaan nasional di Jakarta dan belajar bagaimana membangun perpustakaan di era modernisasi saat ini.

Kemudian juga mengenai program-program perpustakaan desa juga ditanyakan sampai sejauh mana tersambung ke daerah-daerah, karena ini bagian dari mencerdaskan kehidupan bangsa, ujarnya.

Ia menyampaikan, kalau di provinsi lain seperti Jawa Barat dan Kepulauan Riau sudah ada Perda tentang komit pengembangan perpustakaan, karena itu menjalankan perundang-undangan.

"Sementara untuk Sumsel sendiri, nanti akan dilihat, kalau perlu kita buatkan perdanya di daerah bila perlu dengan perda inisiatif, tapi kita pelajari dulu," katanya.