Tim Sofbol Sriwijaya Biru Palembang raih dua kemenangan

id sofbol, bisbol, softball, baseball

Tim Sofbol Sriwijaya Biru Palembang raih dua kemenangan

Pemain Tim Sofbol Sriwijaya Biru memukul bola pada pertandingan melawan Bumi Asri di Arena Sofbol Bisbol Jakabaring, Palembang, Senin (16/5). (Antarasumsel.com/17/Dolly Rosana)

Palembang (Antarasumsel.com) - Tim Sriwijaya Biru asal Sumatera Selatan untuk sementara tidak terkalahkan setelah meraih dua kemenangan dalam dua hari babak penyisihan Kejurnas Sofbol Putra Antarklub d Arena Bisbol Sofbol Jakabaring, Palembang, 14-20 Mei.

Tim Sriwijaya Biru yang diperkuat sejumlah mantan atlet nasional meraih hasil positif saat berhadapan dengan tim satu daerah Sriwijaya Merah 5-1 pada hari pertama, sedangkan pada Senin berhasil memukul Bumi Asri (Bandung-Jabar) 7-0.

Peran vital pitcher terbaik nasional Teuku Ridwan yang nyaris sempurna saat melempar bola membuat para pemukul bola Bumi Asri tidak dapat berbuat apa-apa.

Meski Bumi Asri pada hari pertama meraih hasil positif dengan mengalahkan Hangtuah 8-2, tapi ketika berhadapan dengan para pemain terbaik Indonesia menjadi tidak berkutik.

Tim Sriwijaya Biru ini memang diperkuat oleh sejumlah pemain berpengalaman, yakni Dikdik Fauzi Dermawan, Hermansyah, Rizky Syaril Ardhan, Michael Trisnadi, Emil Muhammad Isnan, Ahmad Trasuan Suralama.

Kemudian, Donny Trisnadi, Teuku Ridwan, Ryan Martico, Tony Pribadi, Chindy Patria Yudharana, Meirandhy Dwi Ramdhani, Sterling Irfhandy Ronsumbre, M Akbar dan Roy Umbasan.

Komposisi pemain yang mempuni itu membuat tak mengherankan jika Pengurus Provinsi Perbasasi Sumsel menargetkan juara pada tim Sriwijaya Biru.

Ketua Pengprov Perbassasi Sumsel Asril Sadikin Satar mengatakan tim Sriwijaya Biru ini merupakan sebagian besar putra daerah Sumsel yang sudah bergabung dengan provinsi lain yakni DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat.

"Karena digelarnya kompetisi antarklub ini, Perbassasi Sumsel berinisiatif memanggil kembali. Dan bersyukur sekali sebagian dari mereka sangat menyambut gembira karena sejatinya kepindahan mereka itu karena dipengaruhi vakumnya kepengurusan terdahulu," kata Asril.

Pertandingan Kejurnas Sofbol Putra Antarklub ini akan berlanjut besok (Selasa, 16/5) dengan mempertemukan Bumi Asri (Bandung) vs Mahakam (Kaltim), Hang Tuah (Riau) vs Sriwijaya Merah (Sumsel), Sriwijaya Biru vs Unimed (Sumut).

Sementara ini dua tim bertengger pada peringkat teratas dari enam kontestan yakni Sriwijaya Biru dan Hang Tuah dengan masing-masing mengemas dua kemenangan, disusul Mahakam dan Bumi Asri dengan masing-masing satu kemenangan.

Sisanya dua tim lagi berada di tempat terbawah yakni Sriwijaya Merah dan Unimed.

Pertandingan babak penyisihan yang mempertemukan seluruh kontestan ini akan berlangsung hingga Kamis (18/5). Setelah itu akan dilanjutkan dengan penentuan rangking menggunakan sistem gugur.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB Perbassasi Billy Asmoro mengatakan bahwa kejuaran antarklub ini akan dijadikan kesempatan untuk menjaring atlet untuk Timnas Kejuaraan Dunia di Canada, Juli 2017.

"Setelah SEA Games terakhir, praktis pelatnas vakum. Oleh karena itu, kejurnas antarklub ini akan dijadikan kesempatan untuk mencari skuad timnas," ujar Billy.