Juve tunda pesta setelah dikalahkan Roma

id Juventus, juve, juara italia, liga italia, AS Roma, Radja Nainggolan, Daniele De Rossi, Stephan El Shaarawy, head to head

Juve tunda pesta setelah dikalahkan Roma

Pemain Juventus. (Antarasumsel.com/Reuters)

Milan (Antara/Reuters) - AS Roma memberikan kejutan pada persaingan perebutan gelar Liga Italia pada Minggu dengan memetik kemenangan 3-1 atas pemuncak klasemen Juventus, yang hanya perlu hasil imbang untuk mengamankan gelar keenam mereka secara beruntun dengan sisa dua pertandingan.

Daniele De Rossi, Stephan El Shaarawy, dan Radja Nainggolan mencetak gol untuk Roma untuk mengakhiri laju 16 pertandingan tanpa kekalahan Juve di liga setelah Mario Lemina membawa tim tamu unggul.

Keunggulan Juve atas Roma terpangkas menjadi empat angka dengan dua pertandingan yang masih harus dimainkan, di mana Roma memiliki rekor "head to head" yang lebih baik.

Napoli, yang lebih dahulu mempertahankan ketajamannya saat mereka menang 5-0 di markas Torino, tertnggal satu angka di peringkat ketiga dan juga secara matematis masih memiliki peluang untuk memenangi gelar.

Juventus, yang berusaha memenangi gelar liga, piala, dan Liga Champions, masih menjadi favorit terkuat, di mana mereka hanya memerlukan tiga angka dari dua pertandingan, menjamu Crotone dan bertandang ke markas Bologna.

Mereka akan kembali ke Stadio Olimpico untuk menghadapi Lazio di final Piala Italia pada Rabu.

Di tempat lain, Inter kalah 1-2 dari tamunya Sassuolo, kekalahan keempat mereka secara beruntun, dan membuat sebagian besar pendukung garis kerasnya meninggalkan stadion sebagai bentuk protes pada menit ke-25, menyisakan spanduk di Curva Nord (Tribun Utara) yang mengatakan bahwa mereka "pergi untuk makan siang."

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri mengistirahatkan sejumlah pemain, termasuk Paulo Dybala dan bek Giorgio Chiellini, namun timnya tetap mampu unggul terlebih dahulu melalui gol sederhana.

Stefano Sturaro mengirim bola ke kotak penalti lawan dan Gonzalo Higuain membiarkannya menuju jalur pergerakan Lemina, yang mengonversinya menjadi gol pada menit ke-21.

De Rossi menyamakan kedudukan empat menit kemudian dari bola pantul setelah Gianluigi Buffon melakukan penyelamatan ganda.

Arah pertandingan berbalik pada menit ke-56 ketika tembakan El Shaarawy sedikit terdefleksi dan masuk ke dalam gawang. Kemudian Nainggolan memainkan operan satu-dua dengan Mohamed Salah dan mencetak gol dengan penyelesaian tipikalnya.

Jose Callejon membawa Napoli unggul pada menit ketujuh di markas Torino, melepaskan sepakan menyudut melewati Joe Hart dan menuju sudut jauh gawang.

Lorenzo Insigne menambahi gol kedua pada menit ke-60, kemudian Mertens mengejutkan Hart di tiang dekat untuk mengemas gol ketiga sebelum Callejon menggulirkan bola meneruskan umpan silang Faouzi Ghoulam untuk menjadi gol keduanya pada pertandingan ini.

Piotr Zielinski melakukan sentuhan penyelesaian ketika Napoli menambah koleksi golnya musim ini menjadi 86 gol.

Inter, yang memecat pelatih Stefano Pioli pada Selasa, tidak tampil lebih baik di bawah asuhan pelatih sementara Stefano Vecchi ketika Pietro Temmello mencetak gol pada kedua babak untuk membawa Sassuolo memimpin 2-0.

Eder membukukan satu gol balasan namun hal itu terlalu kecil untuk menginspirasi timnya atau meredam protes yang ada.

Di tempat lain tercipta gol-gol aneh.

Chievo dibuat geram ketika kiper Stefano Sorrentino kehilangan sepatunya pada duel di tepi lapangan, namun permainan dinyatakan diteruskan dan Fabio Quagliarella memasukkan gol ke gawang yang kosong untuk membawa Sampdoria memimpin.

Roberto Inglese melepaskan sepakan voli pada awal babak kedua untuk membawa "The Flying Donkeys" bermain imbang 1-1.

Genoa kalah 0-1 di markas tim yang telah terdegradasi Palermo ketika kiper mereka Eugenio Lamanna dapat menangkap sundulan Andrea Rispoli, namun ia melangkah masuk ke gawangnya dan membawa bola melewati garis gawang.

Kekalahan Genoa membuat mereka mengoleksi 33 angka, hanya unggul dua angka atas Crotone di zona degradasi dengan Empoli terapit keduanya.

Crotone meneruskan upaya mereka untuk lolos dari ancaman degradasi dengan menang 1-0 atas Udinese melalui gol Marcus Rohden, sedangkan Empoli kalah 2-3 di markas Cagliari. Palermo dan Pescara juga telah dipastikan terdegradasi.(H-RF)