PDHI Sumsel sterilisasi gratis kucing peliharaan

id kucing, kucing peliharaan

PDHI Sumsel sterilisasi gratis kucing peliharaan

Dokter hewan dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PHDI) menyuntikan vaksin rabies ke seekor kucing pada Palembang Pet Festival, Sumsel, Minggu (14/5).(Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Sumatera Selatan melakukan sterilisasi dan vaksinasi gratis kucing peliharaan masyarakat pada Palembang Pet Festival 2017 di Halaman DPRD Sumsel, Minggu.

"Hari ini kami melakukan sterilisasi dan vaksinasi untuk masyarakat yang ingin kucingnya aman dari berbagai penyakit menular juga mencegah populasi berlebih," kata ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumsel, Dr Jafrizal di sela acara tersebut.

Menurutnya, antusias masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi, yakni jumlah pendaftar tidak bisa ditangani seluruhnya oleh PDHI Sumsel karena keterbatasan tenaga dokter hewan, dimana hanya bisa melayani 60 ekor kucing, sementara sisanya diminta untuk datang ke Puskesmas Hewan (Puskeswan) terdekat.

Sterelisasi sendiri harus dilakukan untuk menekan jumlah populasi kucing, terutama jenis kucing kampung memiliki potensi perkembangbiakan luar biasa, yakni melahirkan 18-20 ekor anak kucing pertahun dimana sedikit saja yang hanya diurus pemiliknya.

Tidak semua kucing yang lahir diurus, bahkan sebenarnya lebih banyak terbuang, maksudnya dibiarkan berkeliaran bebas dan kucing seperti itulah memiliki potensi lebih besar penyebaran penyakit, seperti rabies, termasuk pula anjing liar, kata Jafrizal.

"Hari ini sebenarnya kami juga melakukan eliminasi, yakni mencari kucing yang berpotensi teridentifikasi penyakit rabies, tetapi selama proses tadi tidak ditemukan, jadi kesimpulannya semua kucing baik-baik saja," katanya.

Ia menambahkan, kedepan PDHI dan dinas terkait akan bekerja sama menangkapi anjing dan kucing liar untuk mengidentifikasi penyebaran penyakit hewan dengan fokus utama adalah pasar-pasar, seperti pasar Jakabaring Palembang.

Sementara salah satu warga, Siskia, mengatakan senang mendapatkan sterelisasi dan vaksinasi gratis dari PDHI sekaligus menambah wawasannya mengenai pentingnya pengaturan jumlah peliharaan.

"Memang mencegah kucing untuk beranak rasanya sulit, karena saya juga tidak tahu caranya, maka ketika saya tahu kalau sterelisasi bisa mengendalikan populasi kucing, saya coba ikut saja dan ternyata gratis," kata Siskia.