Dinkes Ogan Komering Ulu kekurangan mobil ambulan

id ambulan, mobil ambulan

Baturaja (Antarasumsel.com) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan saat ini kekurangan mobil ambulan sebagai penunjang kendaraan dinas, khususnya untuk mengangkut pasien yang membutuhkan fasilitas angkutan tersebut.

"Kami saat ini kekurangan mobil ambulan setidaknya dibutuhkan sekitar delapan unit," kata Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Suharmasto di Baturaja, Minggu.

Dikatakannya, kebutuhan itu untuk memenuhi dan meningkatkan layanan Puskesmas keliling serta guna kebutuhan ambulan di dua Puskesmas yang belum ada, yakni Puskesmas Tanjung Baru dan Puskesmas Kedaton Peninjauan Raya (KPR).

Menurut dia, untuk memenuhi kebutuhan itu tidak mengandalkan APBD OKU saja, melainkan mereka juga berusaha melalui pemerintah pusat mengajukan bantuan pengadaan kendaraan dinas jenis ambulan.

Ia berharap, bisa dibantu pengadaan mobil ambulan, dan ke depan semua Puskesmas di OKU bisa memiliki mobil ambulan.

Dengan demikian layanan ke masyarakat bisa lebih baik lagi dan maksimal dan tahun ini bisa terealisasi, katanya.

Sementara mengenai kendaraan ambulan yang tidak terpakai terparkir di halaman Kantor Dinkes setempat, Suharmasto menjelaskan, ada beberapa kendaraan yang tidak bisa digunakan.

"Jumlahnya saya tidak apal. Ada kendaraan roda empat ada juga kendaraan roda dua," katanya.

Menyikapi hal itu, kata Suharmasto, mereka sudah mengajukan untuk penghapusan atau lelang kendaraan dinas ke BPKAD OKU sejak beberapa tahun belakangan, namun belum juga terealisasi.

Pantauan di lapangan, beberapa unit mobil ambulan terparkir saja di halaman Dinkes setempat jenis mini bus warna putih terlihat kotor dan seakan tak terawat dengan baik.