Rektor Unja: Semirata MIPA hasilkan ide baru

id universitas jambi, rektor, Prof H Johni Najwan, Semirata, makalah, ide baru, mipa

Rektor Unja: Semirata MIPA hasilkan ide baru

Universitas Jambi (Foto istimewa) ((Foto istimewa))

Jambi (Antarasumsel.com)- Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan mengharapkan wadah Seminar Nasional dan Rapat Tahunan (Semirata) yang diselenggarakan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat dapat muncul makalah dan ide baru yang bisa diterbitkan dijurnal internasional.

"Dengan wadah Semirata ini saya mengharapkan bisa muncul makalah dan ide penelitian terbaru yang bisa bermanfaat bagi masyarakat," kata Prof Johni Najwan saat menghadiri Semirata 2017 Bidang MIPA, Sabtu.

Seminar nasional yang diinisiasi BKS-PTN Wilayah Barat itu kata Rektor, juga dalam rangka untuk saling mengisi dan meguatkan antartenaga akademik di dalam pengembangan penelitian bidang keilmuan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

"Sebagai tenaga akademik kita harus untuk saring informasi dalam pengembangan ilmu pengethuan yang sangat positif," katanya.

Selain itu melalui Semirata tersebut juga diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang bermanfaat untuk bangsa Indonesia.

Apalagi saat ini dengan adanya Permen Ristekdikti No 20 tahun 2017 Tentang Tunjangan Dosen Guru Besar, dapat memotivasi agar semua dosen melakukan penelitian dan mengekspos ke jurnal nasional dan internasional.
   
Peraturan yang sempat menimbulkan pro dan kontra tersebut kata Rektor, harus disikapi dan dijadikan motivasi oleh tenaga akademik dalam melaksanakan penelitian yang bermanfaat.
"Menurut saya peraturan tersebut adalah dalam rangka memotivasi kita semua untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi secara maksimal," katanya menambahkan.

Pada seminar nasional dan rapat tahunan (Semirata) 2017 yang diselenggarakan 12-14 Mei 2017/itu diikuti sebanyak 644 pemakalah.

Pemakalah dalam seminar nasional tersebut berasal dari masing-masing intsitusi perguruan tinggi negeri yang tegabung dalam BKS-PTN Wilayah Barat yang anggotanya saat ini sebanyak 28 universitas negeri.