Minggu, 28 Mei 2017

Ajax mencapai final Liga Europa meski dikalahkan Lyon

id Ajax Amsterdam, Liga Europa, Olympique Lyonnais, Manchester United, Stockholm
Ajax mencapai final Liga Europa meski dikalahkan Lyon
Pemain Ajax Amsterdam (Antarasumsel.com/Reuters)
Lyon (Antara/Reuters) - Ajax Amsterdam menyingkirkan Olympique Lyonnais untuk mencapai final Liga Europa dengan skor agregat 5-4, setelah menelan kekalahan tandang 1-3 pada Kamis.

Mereka akan berhadapan dengan Manchester United pada partai puncak di Stockholm pada 24 Mei, setelah klub Liga Inggris itu menang agregat 2-1 atas Celta Vigo setelah bermain imbang 1-1 di Old Trafford.

Kasper Dolberg mencetak gol pembukaan namun dua gol Alexandre Lacazette menjelang turun minum membawa tuan rumah memimpin, dan pemain pengganti yang masuk pada babak kedua Rachid Ghezzal menambahi satu gol lagi setelah turun minum.

Namun Ajax mampu bertahan untuk tidak kemasukan gol lagi sehingga berhak melaju ke final Eropa pertama mereka sejak 1996.

Pertahanan Lyon kerap kalah cepat pada fase awal pertandingan dan pada pertengahan babak pertama, Ajax membuka keunggulan.

Dolberg membawa tuan rumah unggul pada menit ke-27, mencungkil bola melewati Anthony Lopes setelah mendapatkan umpan dari Younes, yang memaksimalkan pertahanan lemah dari Rafael dan Nicolas Nkoulou.

Lacazette dijatuhkan di kotak penalti sebelum turun minum, dan ia mengonversi penalti yang dihasilkan untuk menjaga harapan bagi Lyon.

Semenit kemudian, Lacazette membawa tuan rumah berbalik unggul ketika ia menyambar bola operan Nabel Fekir untuk menjadi gol.

Ajax dipaksa banyak bertahan pada awal babak kedua, namun Lyon minim akurasi, sampai tandukan Ghezzal yang terdefleksi di menit ke-81 memperbesar harapan publik tuan rumah.

Tembakan Maxwell Cornet pada menit ke-87 melewati tiang gawang ketika Lyon meningkatkan tekanan, namun tuan rumah tidak mampu mengemas gol yang dibutuhkan sampai peluit panjang berbunyi.(H-RF)

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga