Sekolah dilarang terima siswa melebihi kuota

id sekolah, siswa, anak sekolah, terima siswa baru, melebihi kuota, Suwarto, Mukomuko

Sekolah dilarang terima siswa melebihi kuota

Ilustrasi- Sejumlah Siswa Sekolah Dasar berinteraksi dengan teman sembari menanti giliran masuk kelas. (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Mukomuko (Antarasumsel.com) - Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memperingatkan pihak sekolah dasar hingga menengah pertama di daerah itu agar tidak menerima siswa baru tahun ajaran 2017/2018 melebihi kuota yang ada di sekolahnya.

"Kami akan buat surat edaran yang isinya melarang sekolah menerima siswa melebih kuota," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Suwarto, di Mukomuko, Rabu.

Instansi itu melarang sekolah menerima siswa melebih kuota atau daya tampung sekolah supaya tidak ada sekolah di daerah itu yang kekurangan siswa.

Karena, menurutnya, kebijakan sekolah yang menerima siswa melebihi kuota membuat sejumlah sekolah terdekat kekurangan siswa. Bahkan ada sekolah yang terancam tutup karena sedikit siswa yang mendaftar.

Ia menyatakan, tidak ada lagi alasan sekolah menerima siswa melebihi kuota karena desakan dari orang tua. Dan wali murid yang membantu membangun ruang kelas baru.

Untuk itu, katanya, seterusnya setiap sekolah dasar hingga SMP dan SMA di daerah itu harus menerima siswa baru sesuai dengan kuota di sekolahnya.

"Kami akan petakan ruangan sekolah untuk siswa baru tahun ini," ujarnya.  
Ia menyatakan, instansi itu mempunyai kewenangan untuk mengatur sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku. Instansinya melakukan itu untuk pemerataan siswa sekolah.