Jambi gelar hari lanjut usia nasioanal

id Fachrori Umar, Hari Lanjut Usia Nasional, Merangin, Wagub jambi, Khofifah Indar Parawansa

Jambi gelar hari lanjut usia nasioanal

Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Jambi (Antarasumsel.com) - Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan  Provinsi Jambi siap menyelenggarakan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-11 tahun 2017 yang akan digelar Kabupaten Merangin, 15 Mei mendatang.

"Persiapan sudah 99 persen. Sebab itu kami optimis dengan apa yang telah dipersiapkan dan diharapkan penyelenggaraannya akan berjalan sukses," katanya di Jambi, Rabu.

Wagub yang juga Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Provinsi Jambi itu mengungkapkan  peringatan HLUN itu dijadwalkan dihadiri Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Wagub berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan silahturahim antara lansia dan menunjukkan bahwa lansia masih memiliki potensi untuk bekarya bagi negeri ini.

"Terkadang orang melihat  kaum lansia itu sudah tidak berdaya, miskin, padahal masih banyak lansia yang memiliki uang untuk menghidupi dirinya sendiri, bahkan masih bisa berkarya dan memberikan pemikirannya bagi bangsa ini," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Bupati Merangin, Al Haris menyatakan peringatan HLUN 2017 itu akan berlangsung selama dua hari yaitu 14-15 Mei 2017 dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Diantaranya senam massal, pengobatan massal, penyerahan bantuan bedah rumah kepada enam provinsi, penyerahan sembako secara simbolis, penyerahan bantuan kepada difabilitas secara simbolis dan peresmian bedah rumah bantuan Kementerian Sosial.

HLUN kata Haris akan dihadiri lansia dari enam provinsi yang akan menerima bantuan rumah lansia. Yaitu Provinsi Sulteng (Kabupaten Toli-Toli) 20 unit, Provinsi Bengkulu (Kabupaten Benteng) 15 unit, Provinsi Aceh (Kabupaten Pidie Jaya) 20 unit, Provinsi Jawa Timur (Kabupaten Jombang) 15 unit, Provinsi Lampung (Kabupaten Mesuji) 35 unit, dan Provinsi Jambi (Kabupaten Merangin) 25 unit.

Selain itu kata Haris juga diberikan bantuan sembako baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kepada lansia.

"Sembako akan dibagikan kepada 800 lansia. Rinciannya 500 orang lansia penerima bantuan dari Menteri Sosial, 100 orang lansia dari gubernur Jambi dan 200 lansia penerima bantuan dari Bupati Merangin. Ada juga pemberian kursi roda dan kaki palsu," kata Haris.