Harga minyak turun setelah EIA baikkan perkiraan produksi AS

id minyak dunia, harga, opec, meningkat secara substansial, memangkas produksi minyak, mentah, penguatan dolar AS, minyak dunia turun

Harga minyak turun setelah EIA baikkan perkiraan produksi AS

Dokumentasi pekerja anjungan minyak lepas pantai. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

New York (Antara/Xinhua) - Harga minyak dunia turun pada Selasa (Rabu pagi WIB), setelah Badan Informasi Energi AS (EIA) menaikkan perkiraan produksi minyak mentah AS untuk tahun ini dan tahun depan.

EIA mengatakan dalam sebuah laporannya pada Selasa (9/5) bahwa produksi minyak mentah AS diperkirakan mencapai rata-rata 9,3 juta barel per hari pada 2017 dan hampir 10 juta barel per hari pada 2018.

EIA juga merevisi proyeksinya untuk rata-rata harga minyak pada 2017 menjadi 53 dolar AS per barel untuk minyak mentah Brent dan 51 dolar AS untuk minyak mentah AS.

Sementara itu, produksi minyak mentah Libya telah mencapai 796.000 barel per hari, menandai tingkat tertinggi dalam lebih dari dua tahun terakhir, menurut laporan media Selasa (9/5).

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni, turun 0,55 dolar AS menjadi menetap pada 45,88 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juli, turun 0,61 dolar AS menjadi ditutup pada 48,73 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.