Pemerintah diminta pindahkan jalinsum dekat bandara Mukomuko

id jalan, lintas timur, jalan lintas sumatera, Irpan, gangguan penerbangan, pemindahan Jalinsum

Pemerintah diminta pindahkan jalinsum dekat bandara Mukomuko

Ilustrasi . (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Mukomuko (Antarasumsel.com) - Pihak Bandar Udara Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu meminta pemerintah memindahkan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dekat Bandara Mukomuko untuk menjaga keselamatan penerbangan di bandara setempat.

"Kami minta Jalinsum sejauh dua kilometer dekat bandara ini dibebaskan, kemudian arus lalu lintas Bengkulu-Sumatera Barat dipindahkan ke lokasi yang jauh untuk menjaga keselamatan penerbangan di bandara ini," kata Kepala Bandara Kabupaten Mukomuko Irpan, di Mukomuko, Sabtu.

Pihak bandara terpaksa menjaga ketat luar dan dalam bandara untuk mengantisipasi adanya gangguan penerbangan yang berasal dari pengendara sepeda motor dan mobil melintas di Jalinsum daerah itu.

Pihaknya sudah lama mengusulkan pemindahan Jalinsum dekat bandara itu, tetapi sampai sekarang belum ada realisasinya.

Demi menjaga keselamatan penerbangan di bandara itu, ia minta pemerintah daerah setempat memperjuangkan pemindahan jalan tersebut ke pemerinta pusat.

Ia menegaskan, pemerintah perlu segera memindahkan Jalinsum seiring semakin meningkat permintaan jasa transportasi udara melalui bandara di daerah itu.

Bupati Mukomuko Choirul Huda sebelumnya menyatakan telah mengusulkan pemindahan Jalinsum dekat bandar udara di daerah itu kepada pemerintah pusat.

"Kami sudah sampaikan usulan pengalihan jalan ke provinsi agar disampaikan ke pemerintah pusat," ujarnya pula.

Bupati Mukomuko mengatakan bahwa pemerintah provinsi dan pusat yang punya kewenangan untuk mengalihkan jalan nasional tersebut. 

Pemerintah daerah setempat siap mengalokasikan dana pendamping untuk kegiatan pengalihan dan pembangunan jalan baru di daerah itu.