714 calon mahasiswa Unsri jalur SNMPTN diverifikasi

id Universitas Sriwijaya, SBMPTN, unsri, Prof Zulkifli Dahlan, verifikasi data nilai, mahasiswa baru, S1 Reguler, SNMPTN, Pangkalan Data Sekolah

714 calon mahasiswa Unsri jalur SNMPTN diverifikasi

Sejumlah calon mahasiswa didampingi walinya melakukan proses registrasi penerimaan mahasiswa baru yang lulus jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Sebanyak 714 calon mahasiswa Universitas Sriwijaya jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau undangan yang dinyatakan lulus menjalani proses verifikasi data nilai raport di Palembang, Kamis.

Ratusan calon mahasiswa dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia ini didampingi orangtuanya untuk sekaligus memastikan kesanggupan membayar uang kuliah tunggal (ukt) yang diajukan pengelola Universitas.

Ketua Panitia Lokal SNMPTN Prof Zulkifli Dahlan yang dijumpai pada kegiatan pantauan proses verifikasi di Gedung Serbaguna Unsri Bukit Besar mengatakan, ke-714 calon mahasiswa ini akan menjalani proses pencocokan data yang dikirimkan secara online dengan nilai yang tertera di raport.

"Hari ini calon mahasiswa diwajibkan membawa raport aslinya, jika pun ada yang belum membawa semisal lupa atau ada halangan lagi maka diberikan waktu hingga besok untuk menyusul," ujar Zulkifli.

Menurutnya, proses verifikasi ini sangat penting untuk memastikan bahwa calon mahasiswa yang akan diterima di Unsri ini jujur dalam mengisi data. Jika pun ada kesalahan, itu murni karena kelalaian atau tidak ada maksud untuk memanipulasi.

"Jika ada temuan kasus, akan dibawa dalam rapat. Jika dilihat kesalahan itu murni karena ketidaktelitian maka akan ditolerir, tapi jika ada unsur kesengajaan maka Unsri akan menjatuhkan saksi," kata dia.

Zulkifli menjelaskan sekolah yang terbukti memanipulasi data pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) maka akan disanksi selama dua tahun berupa penonaktifan jalur undangan.

"Sejauh ini untuk sekolah di Sumsel, belum ada temuan kasus. Namun, pernah ada satu sekolah di Jawa yang pernah dikenakan sanksi," ujar dia.

Sementara itu, salah seorang orangtua calon mahasiswa, Marsudiono (46) mengharapkan keikutsertaannya dalam proses verifikasi ini dapat memastikan bahwa UKT yang menjadi kewajiban per semester dari putrinya, merupakan biaya yang terendah dari fakultas.

"Pekerjaan saya hanya buruh menyadap karet. Saat ini harga karet sedang jatuh hanya Rp6.000/kg. Saya berharap putri saya (Mita Indri Lestari, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) hanya dibebani biaya Rp500.000/semester. Apalagi ini untuk pertama kali saya mengkuliahkan anak," kata dia.

Unsri pada 2017 menyediakan tiga jalur penerimaan mahasiswa untuk memenuhi kuota sebanyak 2.002 orang, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (30 persen), Seleksi Nasional Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (40 persen), dan Ujian Saringan Masuk (30 persen).

Untuk pendaftaran calon mahasiswa peserta SNBMPTN akan ditutup pada 5 Mei 2016 pukul 22.00 WIB, sedangkan proses verifikasi untuk jalur undangan (SNMPTN) masih berlangsung hingga besok (5/5) untuk lima fakultas yang belum melaksanakan verifikasi hari ini.